Sukabumi Update

Usai Lebaran, Ini Penyakit yang Banyak Diderita Warga Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Usai lebaran Idul Fitri, sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Sukabumi diserbu warga yang mengalami keluhan medis. Di Palabuhanratu, asam lambung atau dispepsia K30 tercatat sebagai penyakit yang paling banyak dialami warga setelah libur panjang Idul Fitri kali ini.

Asal lambung menjadi penyakit paling banyak dialami warga yang berobat ke Puskesmas Citarik, Palabuhanratu. Gangguan pencernaan lainnya, seperti tukang lambung juga banyak dikeluhakan warga, selain infeksi saluran pernafasan atas.

“Ppenyakit disini yang paling banyak Asam lambung, kemudian disuse tukak lambung juga masih kategori pencernaan, selanjutnya infeksi saluran pernapasan atas (pilek) dan penyakit encok atau rematik," jelas Kepala Puskesmas Citarik Andi Rahman kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/6/2018).

Asam lambung dikeluhkan oleh 335 orang, warga yang datang ke Puskesmas Citarik dari hari pertama setelah lebaran hingga sekarang. “Mencapai 25 persen dari semua penyakit yang dikeluhkan warga sini,” lanjutnya.

BACA JUGA: UPTD Puskesmas Tamanjaya, Sukabumi Dirikan Posko kesehatan di GNCP

Andi menjelaskan perubahan pola makan ekstrem, dari kondisi berpuasa dan lebaran menjadi penyebab utama warga yang mengalami asam lambung dan gejala gangguan perncernaan lainnya.

"Sebenarnya angka kasus penyakit lambung pada bulan puasa itu berkurang karena waktu makannya teratur, nah pas lebaran makan tak terkontral waktnya, jadi malah banyak yang kena asam lambung,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI