Sukabumi Update

Telapak Tangan Berkeringat, Tenang, Belum Tentu Penyakit Jantung

SUKABUMIUPDATE.com - Telapak tangan yang mudah berkeringat membuat kurang nyaman. Telapak tangan dan telapak kaki merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki kontur kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan bagian tubuh lain.

Hal ini bukan tanpa alasan karena kulit di bagian telapak tangan dan telapak kaki memang lebih tebal dan memiliki lebih sedikit pori-pori dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, telapak tangan dan telapak kaki menjadi dua bagian tubuh yang jarang berkeringat.

Karena itulah kita cemas bila telapak tanga berkeringat. Awalnya kita tidak menghiraukannya, tapi lama kelamaan telapak tangan yang mudah sekali berkeringat ini mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari.

Keringat yang keluar dari telapak tangan bukan hal yang biasa. Kebanyakkan orang awam langsung menyimpulkan telapak tangan yang selalu berkeringat merupakan salah satu tanda dari penyakit jantung. Padahal, belum tentu telapak tangan berkeringat adalah gejala penyakit jantung.

Ada beberapa penyebab telapak tangan mudah berkeringat, yaitu:

#Kelebihan hormon tiroid
Kelebihan hormon tiroid adalah sebuah keadaan di mana kelenjar tiroid dalam tubuh memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Hal inilah yang menjadi penyebab telapak tangan menjadi mudah berkeringat. Kelenjar tiroid sering juga dikenal dengan kelenjar gondok. Letaknya di leher bagian depan, dekat dengan jakun. Selain telapak tangan yang berkeringat, ada lagi beberapa gejala yang akan dialami saat kelebihan hormon tiroid, yaitu:

- Berat badan turun dan badan menjadi kurus
- Gelisah
- Berdebar-debar
- Tangan tremor
- Gemetar
- Tidur tidak nyenyak
- Otot lengan atas dan paha terasa lemas

Kalau sekiranya kita mengalami kondisi-kondisi ini, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

#Cemas
Penyebab lain kenapa telapak tangan mudah berkeringat adalah rasa cemas. Sikap cemas menyebabkan reaksi dalam tubuh terjadi berulang-ulang, seperti sesak nafas, jantung berdebar, sakit kepala, ingin buang air kecil, dan berkeringat. Tidak jarang saat merasa cemas, gelisah, takut, dan/atau khawatir, telapak tangan mengeluarkan keringat sebagai reaksi normal karena pikiran yang tidak tenang. Kondisi ini tidak berbahaya.

#Stres dan tertekan
Kondisi emosional seseorang memang memiliki peranan yang penting bagi kesehatan orang tersebut. Stres dan tertekan karena lingkungan yang kurang bersahabat, masalah yang datang tiba-tiba, tuntutan pekerjaan, dan atau sejenisnya menjadi salah satu penyebab kenapa telapak tangan berkeringat.

Penyebabnya adalah sistem saraf tidak sadar dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat kita stres sehingga berakhir dengan saraf otak mengirimkan sinyal yang salah ke saraf keringat.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI