Sukabumi Update

TNM, 3 Dasar Penentuan Stadium Kanker

SUKABUMIUPDATE.com - Spesialis Bedah Onkologi dari RSUP Fatmawati Jakarta, M. Yadi Permana mengatakan stadium adalah pembedaan kanker berdasarkan penyebarannya. Sebelum menyatakan stadium kanker pada pasien, dokter lebih dulu meneliti tiga dasar penentuannya yang disingkat T, N, dan M.

Apakah TNM ini? Yadi Permana menjelaskan, T adalah tumor, N adalah node, dan M untuk metastasis. "T itu tumor. Bagaimana deskripsi tumornya? Sebesar apa? Sudah menyentuh permukaan kulit atau belum, dan apakah sudah meluas sampai ke jaringan otot?" kata Yadi Permana.

N adalah node, yakni apakah sel kanker telah menjalar ke kelenjar getah bening di ketiak, di bawah, dan di atas tulang selangka. Adapun M merujuk pada metastasis, yaitu sejauh mana sel kanker telah menyebar.

Pengidap kanker payudara luminal A dan B, cukup dioperasi dan menjalani terapi hormon untuk mengontrol kadar estrogen dalam tubuh. Salah satu pemicu kanker payudara adalah paparan hormon estrogen yang terlalu lama. Paparan ini salah satunya dipicu penggunaan alat kontrasepsi, yang memengaruhi hormon, dalam waktu lebih dari 8 tahun.

"Terapi hormon diterapkan berdasarkan usia pasien. Jika sudah menopause, pasien hanya diberi obat-obatan. Jika belum menopause, diberi obat dan suntikan," ucap Yadi Permana. Jika pasien mendekati menopause, biasanya dokter akan mengangkat indung telur pasien agar ia menopause lalu dikontrol dengan obat.

"Kuncinya, jika ada anggota keluarga atau teman yang mengidap kanker payudara, segera berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui tipe dan jenis pengobatan yang mesti ditempuh."

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI