Sukabumi Update

Begini Cara Menolong Orang yang Kena Serangan Jantung

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan jantung lagi merenggut korban. Aktor laga Indonesia, Goerge Taka Meninggal karena serangan jantung. Apa yang harus dilakukaan saat melihat seseorag terkena serangan jantung?

Serangan jantung terjadi ketika satu atau lebih arteri koroner Anda tersumbat. Seiring waktu, arteri koroner dapat mempersempit dari penumpukan berbagai zat, termasuk kolesterol (aterosklerosis). Kondisi ini, yang dikenal sebagai penyakit arteri koroner, menyebabkan sebagian besar serangan jantung.

Selama serangan jantung, salah satu plak ini dapat pecah dan menumpahkan kolesterol dan zat lain ke dalam aliran darah. Bekuan darah terbentuk di tempat pecahnya. Jika cukup besar, bekuan darah dapat memblokir aliran darah melalui arteri koroner, kelaparan otot jantung oksigen dan nutrisi (iskemia).

Apa yang harus dilakukan jika Anda melihat seseorang yang mungkin mengalami serangan jantung?

Jika Anda melihat seseorang yang tidak sadar dan Anda yakin mengalami serangan jantung, pertama-tama panggil bantuan medis darurat. Kemudian periksa apakah orang tersebut bernapas dan memiliki denyut nadi. Jika orang tersebut tidak bernafas atau Anda tidak menemukan denyut nadi, hanya kemudian Anda harus mulai CPR untuk menjaga aliran darah.

Dorong dengan kuat dan cepat di dada orang itu dalam irama yang cukup cepat - sekitar 100 hingga 120 kali kompresi semenit.

Jika Anda belum dilatih CPR, dokter menyarankan untuk melakukan kompresi dada saja. Jika Anda telah dilatih dalam CPR, Anda dapat melanjutkan untuk membuka jalan napas dan menyelamatkan pernapasan.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI