Sukabumi Update

Cegah DBD, Puskesmas Buniwangi Lakukan Fogging ke Pemukiman Warga

SUKABUMIUPDATE.com - Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi melakukan fogging atau penyemprotan dengan insektisida membasmi nyamuk demam berdarah. Hal itu untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Fogging baru dilakukan di Kampung Cibuntu Desa Buniwangi, sedangkan untuk beberapa desa lainnya, seperti Desa Gunungsungging, Cipeundey, Sukatani dan Desa Pasiripis kami baru memberikan penyuluhan, setelah itu dilanjutkan fogging," ujar Dokter Puskesmas Buniwangi, Hikmat Gumelar kepada sukabumiupdate.com, Kamis (19/12/2018).

Menurut Hikmat, pengasapan akan dilanjutkan ketempat lain terutama di titik wilayah yang sudah ada pasien yang terkena penyaki DBD. Hal itu berdasarkan surat Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS).

“Disisi lain pemberantasan penyakit DBD juga harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat,” paparnya.

BACA JUGA: Puskesmas Buniwangi Sukabumi Layani 37 Warga Lakukan Implant dan IVA tes

Mencegah terjadinya DBD, kata Hikmat membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus yakni menutup wadah penampungan air, mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk. “Terakhir menguras atau mengganti air di penampungan air,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI