Sukabumi Update

UPTD Puskesmas Surade Sukabumi, Gencar Pemberantasan Sarang Nyamuk

SUKABUMIUPDATE.com - Cegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Surade melakukan pengasapan (Fogging) di Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20 /12/2018).

"Fogging dilakukan di beberapa titik di Desa Jagamukti, Kecamatan Surade," ujar Kepala UPTD Puskesmas Surade, Solitaire E.F Ram Mozes, kepada sukabumiupdate.com.

Selain penyemprotan, kata Solitaire juga ada penyerahan bantuan yaitu dua unit tandu ukuran besar dan kecil dari Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukabumi. “Bantuan itu untuk melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan di Desa Jagamukti, sebelum fogging pun kami adakan penyuluhan," jelasnya.

Menurut Solitaire, untuk desa yang lainnya di wilayah kerja Puskesmas Surade yang meliputi enam desa dan satu kelurahan, akan dilaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara serempak dengan 3 M plus, dibawah kordinasi Camat Surade.

“Menutup wadah penampungan air, mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk dan menguras atau mengganti air di penampungan air,” paparnya.

BACA JUGA: Cegah DBD, Puskesmas Buniwangi Lakukan Fogging ke Pemukiman Warga

Sejauh ini, belum ditemukan kasus positif di daerah lain, sementara fogging fokus dilokasi yang ada penderita positif DBD berdasarkan Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS) dari rumah sakit.

"Penyemprotan idealnya dilaksanakan dilokasi rumah penduduk yang sudah melakukan PSN, supaya efektif siklus rantai kehidupan nyamuk DBD terhenti,"pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI