Sukabumi Update

Jangan Lakukan 6 Hal Ini kala Menstruasi, Cek Alasannya

SUKABUMIUPDATE.com - Perempuan pasti akan mendapat kunjungan tamu bulanan, yaitu haid atau menstruasi. Saat sedang haid, wanita akan mengalami dan merasakan beberapa gejala tubuh yang tak nyaman, seperti sakit kepala, kram perut, nyeri punggung, pegal, mual, perut kembung, dan lain-lain.

Kondisi tersebut bisa semakin parah apabila wanita melakukan hal-hal yang dapat memicu rasa tak nyaman itu. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya wanita hindari ketika mereka sedang dalam masa haid, seperti dilansir Boldsky.

#Mandi air dingin 
Jika sedang dalam masa haid, sebaiknya jangan mandi dengan air dingin karena akan semakin memperparah rasa sakit. Dianjurkan untuk mandi dengan air hangat dan juga menaruh kantung air panas di perut guna membantu mengurangi rasa sakit dan kram.

#Minum obat penghilang nyeri 
Jika Anda merasa sakit luar biasa saat haid, sebaiknya jangan minum obat penghilang nyeri karena akan menyebabkan peningkatan perdarahan.

#Makanan tak sehat 
Makanan berminyak, yang mengandung banyak lemak, dan kurang serat harus benar-benar dihindari. Hal ini akan menyebabkan perut kembung dan perasaan gelisah.

#Minuman bersoda 
Minuman bersoda yang kaya kandungan kafein, pemanis buatan, fruktosa, dan pengawet lainnya, harus benar-benar dihindari jika sedang haid. Hal ini akan menyebabkan perut kembung dan menimbulkan perasaan gelisah.

#Makanan asin 
Penting untuk menghindari makanan yang sangat asin ketika haid. Makanan yang kaya garam akan menyebabkan perut kembung dan membuat tidak nyaman dan juga merasa malas.

#Stres 
Stres adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi masa haid pada wanita. Beberapa studi menunjukkan pikiran yang tenang dan santai akan melancarkan siklus haid. Oleh karena itu, wanita harus menjaga diri dari stres selama masa haid.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI