Sukabumi Update

3 Kiat Mengatasi Asam Lambung yang Naik

SUKABUMIUPDATE.com - Naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sering diderita orang-orang yang tidak bisa mengatur pola makan dengan baik, termasuk anak kos. Asam lambung naik sedikit lebih sudah menjadi penyakit yang lumrah dialami minimal satu kali oleh anak kos.

Biasanya, anak kos lebih memilih membeli obat-obatan sendiri atau tidak melakukan tindak lanjut terhadap asam lambung naik karena rasa malas ke dokter atau tidak mau mengeluarkan biaya lebih. Walaupun harus tetap ke dokter, ada juga beberapa bahan atau alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah asam lambung.

#Jahe
Kita bisa menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sebanyak 1-2 gram untuk dikonsumsi sebelum menyantap makanan. Jahe akan membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi.

#Baking soda
Bahan kedua yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang naik adalah baking soda. Caranya dengan melarutkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air kemudian diminum. Lakukan empat kali dalam sehari, tepat 1-2 jam setelah makan.

#Permen karet
Tidak semua permen karet bisa dikunyah untuk mengatasi asam lambung yang naik. Pilih permen karet bebas gula karena akan merangsang produksi air liur yang berguna untuk menetralkan asam lambung pada tubuh.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI