Sukabumi Update

Kenali Jenis Tuberculosis yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit Tuberculosis atau TBC mempengaruhi paru-paru. Namun jika tidak diobati, TBC menyebar melalui darah dan memicu infeksi sekunder yang mempengaruhi ginjal, pelvis, sampai organ genital. Bagi perempuan, TBC ganital akan menganggu organ kewanitaan wanita terutama bagi yang ingin hamil.

Mengutip laman Deccan Chronicles, satu darilima wanita yang menderita TBC genital tidak dapat hamil secara alami. "Ketika bakteri mencapai saluran genital, itu menyebabkan TBC genital yang mempengaruhi kesuburan pada kedua jenis kelamin. Perawatan yang tepat dalam waktu yang benar itu sangat penting agar tidak bisa menyebar," kata Dr Vinod Kumar, spesialis Infertilitas dan IVF.

Pada wanita, TBC di saluran genital menyebabkan penipisan lapisan endometrium karena infeksi di rahim. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya penghalang perkembangan janin. Banyak orang yang tidak tahu kalau TBC juga memiliki dampak pada kesuburan wanita.

Ketika infeksi TBC sudah mencapai organ genital, kondisinya bisa sangat parah dan mempengaruhi hampir seluruh lapisan endometrium dan tuba fallopi. Lantaran baru diketahui dalam kondisi sudah parah, terkadang wanita tak sadar kalau dia sedang mengidap TBC genital.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI