Sukabumi Update

Sirsak, Enak Buahnya Banyak Manfaat Sehatnya

SUKABUMIUPDATE.com - Daging buah sirsak berwarna putih, lembut, dengan rasa manis-asam. Biasanya buah itu dimakan langsung, dijus, atau diolah menjadi dodol atau selai.

Dalam buah sirsak terkandung banyak vitamin yang sangat baik buat kesehatan. Selain buah yang bernama latin Annona muricata ini, daunnya juga diklaim baik buat kesehatan. Buah ini banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Asia dan kawasan Amerika Tengah.

Sirsak mengandung vitamin C, B1 dan B2, serta mineral seperti zat besi, potasium, kalsium, dan fosfor, serta serat. Karena itulah buah yang memiliki kulit hijau kasar ini bermanfaat buat mencegah kanker, melancarkan aliran urine, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan energi, dan masih banyak lagi. Berikut rincian manfaat sirsak buat kesehatan seperti dilansir laman Vegetafruit.

#Mencegah kanker 
Annonaceous acetogenins
 adalah phytochemical yang terdapat pada daun, biji, dan batang sirsak. Zat-zat tersebut dikenal ampuh untuk membentengi tubuh dari kanker dan serangan virus. Menurut hasil penelitian, annonaceous acetogenins bisa membunuh sel-sel mematikan dari 12 jenis kanker, termasuk payudara, usus besar, prostat, dan paru-paru.

#Melancarkan air seni 
Jus sirsak bisa digunakan sebagai pengobatan kesulitan buang air kecil.

#Menjaga kesehatan tulang 
Kandungan fosfor, kalsium, dan tembaga bertugas membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

#Meningkatkan energi 
Kandungan tiamin sangat baik untuk meningkatkan energi.

#Meredakan migrain 
Sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan migrain.

#Mencegah anemia 
Zat besi pada sirsak juga ampuh untuk meredakan gejala anemia. Selain itu, biji sirsak juga diklaim bisa membantu mengatasi mual dan muntah.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI