Sukabumi Update

Tak Punya Biaya Berobat, Janda Tua Warga Surade Sukabumi Terbujur Kaku di Rumahnya

SUKABUMIUPDATE.com - Rohenah (51 tahun) janda tua warga Kampung Naringgul RT 07/09 Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terbaring lemas tak berdaya menghadapi penyakit yang di deritanya selama tiga tahun.

Ia diduga mengidap penyakit diabetes, hingga kakinya membusuk dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

"Perkiraan sudah 2-3 tahunan sakit seperti itu," ujar Entis Sutisna (38 tahun) penggiat sosial warga Kampung Cidadap Desa Jagamukti, kepada sukabumiupdate.com, Minggu (13/1/2019).

Rohenah diurus oleh kakak kandungnya, Wawat (55 tahun) yang juga seorang janda. Sedangkan untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya hanya mengandalkan anaknya seorang nelayan.

"Pernah dirawarat tapi minta pulang. Alasannya gak punya biaya dan tidak memiliki jaminan kesehatan," tandasnya.

BACA JUGA: Tubuh Membengkak, Wiwin Warga Surade Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Surade, Solitaire E.F Ram Mozes, menjelaskan Rohenah merupakan pasien lama, ia pernah dirujuk ke rumah sakit.

"Sejak 2015 lalu sudah menjadi pengawasan Puskesmas. Ia juga pernah dirawat di RSUD Jampangkulon, namun minta pulang paksa, karena keluarga tidak ada yang mau menunggu lama di rumah sakit, gak ada untuk biaya hidup," ujarnya.

Hari ini tadinya pasien akan dirujuk ke rumah sakit, tapi menolak. Sehingga penanganan di tempat (rumahnya) terlebih dahulu.

"Keluarga sementara minta penanganan di tempat dulu, tapi kami tetap usulkan untuk dirujuk guna perawatan dan penanganan lukanya," pungkas Solitaire.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI