Sukabumi Update

Hanya Konsumsi Jus Buah Saat Diet? Waspada Penyakit Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Jus buah atau sayuran memang diklaim baik untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan penyakit, seperti psoriasis dan asma. Selain itu, jus juga dapat secara efektif menurunkan berat badan. Tak heran, banyak orang yang sedang diet lebih memilih hanya minum jus buah atau sayuran dan menghindari makanan berat.

Namun, para pakar diet dan kesehatan Sioned Quirke dalam tulisannya yang dilansir dari The Hippocratic Post justru mengingatkan bahaya hanya minum jus sebagai makanan utama. Penyakit seperti migrain, masalah kesuburan, dan kerusakan liver adalah ancaman jangka panjang untuk para penggila diet dengan jus.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada 2004, segelas jus jeruk segar yang langsung diperas dari buahnya mengandung synephrine, zat yang bisa mempersempit aliran darah. Aneka buah jeruk atau citrus juga dapat mengurangi kadar magnesium, dan efek dari zat ini dapat menyebabkan migrain.

Masalah lain yang mungkin timbul adalah kelelahan luar biasa, iritasi, dan sembelit. Mereka yang ketat menjalani diet jus selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan, berisiko mengalami masalah kesehatan pada masa mendatang.

Umumnya, untuk jangka pendek, masalah yang muncul adalah sakit kepala dan lemas. Untuk jangka panjang, masalah bisa lebih serius, seperti gangguan kesuburan dan metabolisme serta kerusakan liver. "Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral penting, tapi sangat rendah kandungan asam amino, lemak, dan protein," kata Quirke.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI