Sukabumi Update

Suka Tidur Miring, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan, tubuh, pikiran, dan suasana hati kita. Untuk memiliki kualitas tidur yang baik, posisi tidur akan sangat menentukan. Posisi yang salah dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, terutama tulang, masalah perut, bahkan penuaan dini.  

Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah tidur miring. Posisi ini akan membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Ketika menghadap ke kiri, gravitasi dapat membantu perjalanan kotoran melalui usus besar yang naik, kemudian ke usus besar yang melintang, dan akhirnya membuangnya ke usus besar yang turun. Itu akan membantu Anda buang air besar teratur setiap pagi. 

Posisi miring juga dapat mengurangi mulas, terutama ketika tidur miring ke kiri. Sebuah studi pada 2010 terhadap 10 peserta menemukan hubungan antara berbaring di sisi kanan dan peningkatan kasus mulas, dibandingkan ketika berbaring di sisi kiri. Para peneliti berteori bahwa jika kita berbaring di sisi kiri, perut dan cairan lambung tetap lebih rendah daripada kerongkongan saat kita tidur.

Selain itu tidur miring juga membantu kesehatan otak. Jika dibandingkan dengan tidur telentang atau tengkurap, tidur di sisi kiri atau kanan membantu tubuh Anda membersihkan kotoran dari otak. Pembersihan otak ini dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer, Parkinson, dan penyakit neurologis lainnya di masa tua.

Sering mendengkur? Cobalah tidur dengan posisi miring. Tidur miring membuat lidah Anda tidak jatuh ke tenggorokan sehingga tidak akan menghalangi jalan napas. Harusnya ini akan mengurangi dengkur. Tapi jika dengkur tidak berkurang, ada kemungkinan Anda menderita sleep apnea yang parah. Dan penyakit ini hanya bisa diatasi dengan pengobatan medis.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI