Sukabumi Update

4 Makanan Ini Berisiko Bikin Sakit saat Dimakan Mentah

SUKABUMIUPDATE.com -  Tak hanya makanan matang yang enak untuk dikonsumsi. Banyak pula jenis makanan yang menggugah selera ketika disajikan mentah. Sayangnya, menurut beberapa riset di Amerika Serikat, makanan mentah tersebut mengandung banyak bakteri untuk tubuh Anda. Itu sebabnya makanan mentah ini harus dihindari atau memilih menikmatinya setelah matang.

Makanan mentah apa saja yang enak namun tak baik untuk dikonsumsi tubuh? Dilansir dari WebMD dan Health Line, berikut empat makanan tersebut.

1. Sushi

Dibuat dengan ikan tanpa lemak, sayuran, dan alpukat, sushi bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dan asam lemak omega-3. Tetapi, sushi dapat memiliki bakteri dan parasit seperti anisakiasis, yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan sakit perut.

2. Tiram

Tiram dapat membawa virus dan bakteri dari air tempat mereka tinggal. Jika tidak matang, mereka dapat menginfeksi orang yang memakannya. Tiram juga dapat menyebarkan infeksi yang disebut dengan vibriosis. Selain itu, tiram dapat menyebarkan hepatitis A, virus yang menyebabkan penyakit hati.

3. Telur segar

Telur segar dapat membawa salmonella, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari sakit adalah dengan memastikan telur dimasak sampai bagian putih dan kuningnya mengeras atau matang sempurna.

4. Kacang merah

Makan kacang merah mentah bisa membuat Anda sangat sakit, meskipun hanya empat atau lima butir. Ini disebabkan oleh protein yang disebut kacang lektin atau PHA. Protein ini biasanya akan hancur saat dimasak. Oleh karena itu sebaiknya kacang merah dimasak terlebih dahulu. Rendam kacang merah mentah setidaknya selama 5 jam, tiriskan, lalu rebus setidaknya selama 30 menit. Jangan gunakan slow cooker karena suhunya tidak akan cukup panas untuk menghilangkan zat berbahaya pada kacang.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI