Sukabumi Update

Cara Simpel Mengatur Pola Olahraga untuk Membakar Lemak

SUKABUMIIPDATE.com -  Olahraga jadi salah satu cara menurunkan berat badan yang paling disarankan. Tapi untuk menentukan pola latihan yang bisa membantu pembakaran lemak lebih optimal, para peneliti menyarankan agar mereka yang ingin menurunkan berat badan mengatur porsi latihannya.

Para penliti British Journal of Sports Medicine mengungkapkan, pola olahraga berselang bisa membakar lebih banyak. "Karena pembakaran lemak terus terjadi bahkan setelah Anda berhenti berolahraga," kata peneliti senior dari Universitas Goias Brasil, Paulo Gentil, seperti dikutip dari Reuters, Selasa, 19 Februari 2019.

Lalu, bagaimana mengatur pola olahraga dengan interval? Sebagai ilustrasi, bentuk latihan yang disarankan adalah dengan memvariasikan intensitas lari dalam satu kali sesi latihan. Misalnya, 4 menit lari dengan intensitas tinggi, lalu menurunkan tensi lari menjadi lebih pelan selama 3 menit.

Peneliti merekomendasikan program ini dijalani selama 150-250 menit seminggu untuk mencegah kenaikan berat badan. Sementara itu, mereka yang sudah kelebihan berat badan disarankan berolahraga lebih dari 1 jam sehari.

Peneliti dari Columbia University Medical Center, New York City, Keith Diaz, mengatakan latihan atau program olahraga berselang bisa menurunkan berat badan lebih banyak karena tubuh dipicu untuk membakar lemak lebih banyak dalam 24 jam seusai berolahraga. “Sehingga lebih efektif menurunkan berat badan.”

Sumber: Tempo

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI