Sukabumi Update

Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi yang Penting untuk Diperhatikan

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah kesehatan yang berhubungan dengan mulut dan gigi sering dianggap remeh. Padahal, kesehatan mulut dan gigi memiliki dampak besar pada kesehatan seluruh tubuh.

Bakteri yang hidup di dalam mulut bila tidak dibersihkan secara rutin dan baik akan terus berkembang biak dan menyebabkan gangguan fungsi pengunyahan dan infeksi di gigi, mulut, dan gusi. Drg. Yudha Rismanto, praktisi kesehatan gigi, menjelaskan kalau ada tiga masalah terbesar yang sering terjadi di mulut dan gigi.

“Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies, dan plak,” jelas Yudha.

Plak gigi adalah bakteri yang menempel dan hidup di dalam rongga mulut dan karies adalah penyakit infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi. Dia juga menjelaskan kalau masalah kesehatan mulut dan gigi ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi dan kelainan pada organ vital, seperti jantung, ginjal, hati, dan paru.

“Semua masalah itu datangnya dari satu, adanya kuman dalam mulut kita. Dalam hitungan 24 jam sudah ada plak dan biofilm yang memiliki pengaruh sistemik,” lanjut Yudha.

Biofilm adalah kumpulan sel mikroorganisme yang melekat ke permukaan gigi dan mulut. Plak dan biofilm dalam mulut yang terlalu banyak juga bisa bahaya untuk ibu yang sedang hamil.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI