Sukabumi Update

Tangkal Pilek dengan Mengonsumsi Teh Jahe dan 3 Makanan Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tidak pernah pilek? rasanya hampir semua orangpernah mengalaminya. Penyakit ini umum diderita, terutama di musim hujan. Ini merupakan tahapan sebelum akhirnya menuju ke penyakit flu.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan pilek. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman. Dilansir dari WebMD dan Everyday Health, berikut adalah 4 makanan dan minuman yang terbukti ampuh mengatasi pilek.

1. Sup Ayam

Makanan pertama yang sering disajikan saat Anda terjangkit pilek adalah sup ayam. Orang tua mungkin berpikir bahwa makanan ini dapat menghangatkan dan menyegarkan badan.

Namun, sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sup ayam dipercaya dapat membersihkan hidung dari berbagai sumbatan, lebih baik daripada makanan berkuah panas lainnya.Lebih dari itu, sup ayam juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu gejala flu yang mungkin Anda dapati.

2. Citrus

Salah satu cara ampuh untuk menangkal pilek adalah dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat membangun kekebalan tubuh sehingga dapat dengan cepat membasmi virus dan bakteri pada tubuh Anda. Jeruk, lemon, limau disebut sebagai sumber vitamin C terbaik dan mudah didapatkan.

3. Cabai

Bagi Anda pecinta pedas, mengkonsumsi cabai dipercaya dapat membersihkan saluran hidung dan membuat Anda menjadi lebih baik. Rupanya, capsaicin yang terkandung dalam cabai lah yang mendukung kejadian tersebut. Lebih dari itu, capsaicin juga menurut penelitian dapat membantu kepala Anda yang terasa berat.

4. Teh Jahe

Secangkir teh jahe segar dan panas mungkin tampaknya menjadi hal yang Anda butuhkan saat sedang pilek. Ini membantu melancarkan kemacetan di hidung dan menenangkan tenggorokan Anda. Beberapa penelitian juga menunjukkan akar pedas dari teh jahe juga dapat membantu mencegah flu biasa dengan menghalangi virus.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI