Sukabumi Update

Jangan Cemas, Kemenkes Sebut Hepatitis A Bisa Sembuh dengan Istirahat

SUKABUMIUPDATE.com - Jangan Cemas, Kemenkes Sebut Hepatitis A Bisa Sembuh dengan Istirahat

KLB Hepatitis A yang terjadi di Pacitan sempat membuat masyarakat was-was. Meski begitu, Kemenkes menyebut masyarakat tak perlu cemas karena penyakit hepatitis A bisa sembuh dengan mudah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes, mengatakan penyakit Hepatitis A bisa sembuh bila dikelola dengan baik.

"Penderita Hepatitis A bisa sembuh kembali sempurna bila dikelola dengan baik, yaitu orang harus istirahat, memakan makanan yang cukup, makanan yang dikurangi lemaknya, tentunya karena itu akan memperberat fungsi hati, dan memastikan daya tahan tubuh meningkat bisa dengan vitamin dan menurunkan deman dengan obat pereda demam. Tidak ada obat spesifik, hanya istirahat dan obat yang sudah ada," katanya, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

Ia menyebut data terbaru pasien KLB Hepatitis A di Pacitan mencapai kurang lebih 1.110 kasus. Penyebab utamanya adalah virus yang ditularkan melalui berbagai media, termasuk air sungai yang tercemar.

“Kami melihat ada persoalan dengan sumber air bersih di sana, juga dengan kebiasaan masyarakat dalam mengolah makanan. Kemudian ada juga kebiasaan masyarakat mengkonsumsi makan tertentu saat bulan puasa yaitu cincau yang diolah dengan air tidak bersih,” katanya.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan, posko kesehatan masih siaga di sana dan memberikan pelayanan di daerah kejadian hepatitis A.

Selain itu, ada pula kasus hepatitis di Trenggalek yang kejadiannya lebih dahulu daripada di Pacitan dan telah tertangani. Sampai sekarang jumlah kasus hepatitis A di sana sebanyak 134 kasus.

Anung mengimbau kepada masyarakat khususnya orangtua dan guru untuk memastikan anak-anak jangan jajan sembarangan. Anung juga meminta kepada pendatang dari luar Pacitan dan Trenggalek yang akan berkunjung ke dua daerah tersebut kondisi tubuh dalam keadaan fit.

"Siapa pun boleh berkunjung ke sana (Pacitan dan Trenggalek) hanya untuk dipastikan kondisi tubuh harus fit. Penularan hepatitis A melalui kotoran dan makanan. Kalau mengkonsumsi makan harus dipastikan makan bersih dan sehat," tutupnya.

Sumber: Suara.com

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI