Sukabumi Update

Pakai Makeup saat Olahraga di Gym, Apa Risikonya?

SUKABUMIUPDATE.com - Di era media sosial, aktivitas apa pun selalu ingin dibagikan di media sosial, dari sekadar makan hingga berolahraga di gym. Itu sebabnya, di mana pun berada, makeup tak pernah ketinggalan demi tampilan oke di media sosial. 

Tapi tahukah Anda, menggunakan makeup saat berolahraga di gym ternyata bisa merugikan. "Rias wajah yang dipadukan dengan keringat adalah kombinasi yang buruk, itu dapat merusak pori-pori Anda dan menyebabkan Anda berjerawat," kata Patricia Boland, spesialis kulit di Colorescience UK, seperti dikutip Metro.co.uk.

Ia menambahkan, ketika kita aktif, sirkulasi darah meningkat yang mengubah minyak dalam tubuh dan menyebabkan kita berkeringat. "Dapat menyebabkan berjerawat, tentu saja tidak setiap kali Anda memakainya, tetapi tidak sebanding dengan risikonya jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat. Riasan mata, meskipun kurang merusak, memang memiliki potensi mengalir ke mata ke bagian bawah yang sensitif." ujar dia. 

Berikut beberapa risiko yang Anda hadapi jika menggunakan makeup saat berolahraga di gym.

1. Infeksi

Saat Anda berolahraga, kerigat akan bercucuran. Ini memudahkan bakteri menempel di kulit. Makeup akan membuat kulit lebih mudah menarik bakteri. Selain itu, olahraga merupakan salah satu cara membuang racun di tubuh, tapi riasan Anda bisa menjebaknya tetap di dalam.

2. Pori-pori besar

Jerawat dan pori-pori tersebumbat bisa diobati, tapi pori-pori melebar? Anda akan kesulitan mengecilkannya kembali. Berolahraga membuka pori-pori tapi jika terperangkap makeup terus menerus dalam kondisi terbuka, pori-pori akan makin melebar.

3. Iritasi

Jika memiliki kulit sensitif, Anda harus menghindari makeup saat berolahraga. Alasannya, makeup dapat menyebabkan kulit kemerahan, warna kulit tidak merata, dan menyebabkan iritasi kulit.

Tapi bagaimana jika Anda tidak dapat menghindari makeup saat berolahraga? Solusinya adalah mencari produk non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori. Jangan menggunakan makeup berat dan berbahan dasar minyak. Daripada menggunakan foundation, lebih baik memilih krim CC dan untuk menutupi jerawat.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI