Sukabumi Update

Dinkes Kabupaten Sukabumi: Posyandu Perlu Direvitalisasi, Ini Caranya!

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Cucu Sumintardi, mengatakan, Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu perlu direvitaliasi.

"Dari dulu Posyandu itu kegiatannya hanya seperti itu saja, menimbang, memeriksa kesehatan. Oleh karena, itu perlu adanya kerjasama dengan berbagai sektor, salah satunya dengan dunia usaha," ujar Cucu kepada sukabumiupdate.com, Kamis (24/10/2019).

BACA JUGA: Dinkes Kabupaten Sukabumi Gembleng Pramuka Saka Bakti Husada Hadapi Olympiade

Dengan demikian, kata Cucu, Posyandu tidak hanya bergerak di bidang kesehatan saja. Namun dikembangkan juga dengan usaha, seperti arti Posyandu, yaitu pos pelayanan terpadu. Jadi posyandu ini dipadukan dengan berbagai sektor seperti, pendidikan, KB. Bahkan dengan sektor pertanian.

"Seperti Posyandu yang menjadi juara tingkat Nasional di Bandung, selain dunia kesehatan juga ada kegiatan atau usaha lain, yaitu dengan menanam pohon tin dan dibuat dodol. Itu menjadi tambahan lain bagi kadernya sehingga kader pun aktif," paparnya.

Cucu berharap, semua pihak dapat mendukung dalam bidang kesehatan, termasuk pabrik atau dunia usaha lainnya. Pasalnya, masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab orang kesehatan saja, tetapi semuanya, baik swasta maupun pemerintah.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI