Sukabumi Update

Hidup Sehat dan Umur Panjang dengan Rosemary

SUKABUMIUPDATE.com - Kiat agar hidup sehat berumur panjang mungkin selama ini ada di halaman rumah. Di Acciaroli, dusun kecil di Selatan Italia, rempah bernama rosemary selalu hadir dalam setiap hidangan. Penduduknya sendiri rata-rata hidup hingga 100 tahun bahkan lebih, kemungkinan terserang penyakit jantung dan penyakit yang timbul saat usia lanjut sangat kecil, otaknya pun masih berfungsi dengan baik di usia senjanya.

Para peneliti dari Universitas California di Amerika Serikat, yang melakukan presentasi di Universitas San Diego dan Sapienza Roma mengungkapkan bahwa rosemary merupakan salah satu alasan mengapa penduduk di dusun kecil tersebut berusia panjang.

“Penduduk Acciaroli mengonsumsi rosemary hampir setiap hari, mereka menanamnya sendiri. Seperti yang kita ketahui, rosemary meningkatkan fungsi otak,” ujar Alan Maisel, peneliti dari UCSD.

Kristin Kirkpatrick, ahli gizi dari Cleveland Clinic, menyarankan untuk mengonsumsi dua sendok makan rosemary sehari atau rempah lain, baik mentah maupun dicampur dalam masakan, selama beberapa kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya. Berikut lima cara mudah untuk mengolah rosemary, dilansir NY Post.

1. Merendam daging

“Rosemary, lemon, bawang putih merupakan perpaduan ideal untuk merendam daging,” ujar Danielle Rehfeld, koki sekaligus pendiri The Inherited Plate di New York, Amerika Serikat.

Rehfeld mengatakan bahwa rempah tersebut juga dapat digabungkan dengan daging putih lain. Rehfeld menyarankan untuk memotong rosemary, kemudian mencampurnya dengan minyak zaitun dan bawang putih sebelum memanggang ayam pada temperatur rendah.

2. Panggang dengan kentang

Salah satu cara mudah untuk mengolah rosemary adalah dengan memanggangnya bersama kentang. “Cincang hingga halus, kemudian taburkan di atas kentang organik dari pasar. Agar lebih lezat, tambahkan sedikit minyak zaitun, garam, bawang putih, panggang hingga renyah,” ujar Rehfeld.

3. Campur ke dalam sup

“Mudah dibuat dan cocok disantap saat dingin. Rosemary terasa jauh lebih lezat dalam semangkuk sup kacang atau sup tomat. Caranya mudah, cincang halus rosemary ke dalam air kaldu, dididihkan,” jelas Rehfeld.

4. Taburan labu

“Panggang labu, jamur shitake, dua jumput rosemary cincang, garam, dan minyak zaitun. Panggang selama beberapa menit hingga bagian atas terkaramelisasi dengan baik dan saat ditusuk dengan garpu, bagian labu sudah empuk. Panggang sekitar 425 derajat Celcius,” jelas Rehfeld.

5. Campuran kue

Siap untuk mengikuti gaya hidup penduduk Acciaroli? Campurkan rosemary ke dalam makanan penutup. “Rosemary dan cokelat saling melengkapi. Anda dapat membuat brownies atau kue lain yang lezat dengan menambahkan beberapa batang rosemary. Caranya, cairkan mentega, masukkan beberapa batang rosemary, didihkan. Angkat dan saring, campur mentega ke dalam tepung dan bahan pembuat kue lain,” ujar Rehfeld.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI