Sukabumi Update

Kota Sukabumi Siapkan Ruang Khusus Penanganan Pasien Suspect Corona

SUKABUMIUPDATE.com - Mengantisipasi wabah virus corona, RSUD Syamsudin SH Kota Sukabumi siapkan satu ruang isolasi plus transit bagi pasien yang sudah terdeteksi suspect virus mematikan tersebut. Hal itu disampaikan Direktur RSUD Syamsudin SH, Bahrul Anwar, Senin (27/1/2020).

"Pihak rumah sakit tadi telah mengadakan rapat koordinasi. Sesuai arahan Kemenkes, ketika nanti ada suspect saja, kita akan merujuk ke dua rumah sakit di Jakarta," ucap Bahrul kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Pasien Terduga Kasus Virus Corona Dirawat di RSHS Bandung

Bahrul menjelaskan, bila nanti RSUD Syamsudin SH menerima pasien yang terdeteksi suspect corona, pihak rumah sakit telah menyiapkan beberapa sarana, seperti ruang isolasi sekaligus ruang transit sementara bagi pasien tersebut, sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso dan Rumah Sakit Pusat Paru Persahabatan di Jakarta.

"Hari ini sedang mempersiapkan Alat Perlindungan Diri (APD) yang seperti astronot, untuk digunakan saat kontak dengan pasien. Kita juga sosialisasi dan besok akan ada pertemuan dengan dokter-dokter dan perawat yang terlibat dalam proses penanganan," jelas Bahrul.

BACA JUGA: Website Ini Perlihatkan Penyebaran Virus Corona Secara Real-Time

Bahrul menyebut, beberapa tim medis yang akan disiapkan adalah dokter umum, dokter spesialis paru, dokter spesialis THT dan dokter spesialis radiologi. Sementara ruangan yang nanti akan digunakan sebagai ruang transit sementara sekaligus ruang isolasi adalah ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Alurnya akan diterima di IGD, kita periksa, kalau mengarah suspect langsung kita anjurkan untuk dirujuk. Bukan hanya di Sukabumi mengantisipasi itu, tapi memang di semua negara juga sedang waspada," tandas Bahrul.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI