Sukabumi Update

Dinkes Kabupaten Sukabumi Imbau Petugas Promkes Update Data Strata Posyandu

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Cucu Sumintardi imbau seluruh petugas kesehatan atau promkes mengupdate data strata posyandu.

Hal itu disampaikan Cucu usai menghadiri kegiatan revitalisasi posyandu Jawa Barat-Kabupaten Sukabumi dengan tema posyandu multifungsi dan update data posyandu, di Gedung Pendopo Jalan A Yani Sukabumi, Senin (27/1/2020). 

"Selain itu, petugas diharapkan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsi dan memajukan posyandu," ujar Cucu kepada sukabumiupdate.com melalui chat WhatsApp.

BACA JUGA: Kadinkes Kabupaten Sukabumi: Tahun 2020 Gulirkan Program Jumantik

Menurut Cucu, pos pelayanan terpadu atau Posyandu itu perlu direvitaliasi. Pasalnya dari dahulu posyandu itu kegiatannya hanya itu-itu saja. "Menimbang, memeriksa kesehatan. Oleh karena, itu perlu adanya kerjasama dengan berbagai sektor, salah satunya dengan dunia usaha," terangnya.

Dengan demikian, kata Cucu, Posyandu tidak hanya bergerak di bidang kesehatan saja. Namun dikembangkan juga dengan usaha, seperti arti Posyandu, yaitu pos pelayanan terpadu. "Jadi posyandu ini dipadukan dengan berbagai sektor seperti, pendidikan, KB. Bahkan dengan sektor pertanian," tutur Cucu.

BACA JUGA: Dinkes Kabupaten Sukabumi Beberkan Kata Kunci Program Kesehatan CBOD

Cucu mencontohkan, posyandu yang menjadi juara tingkat Nasional di Bandung, selain dunia kesehatan juga ada kegiatan atau usaha lain, yaitu dengan menanam pohon tin dan dibuat dodol dan itu menjadi tambahan lain bagi kadernya sehingga kader pun aktif.

"Kami berharap semua pihak dapat mendukung dalam bidang kesehatan, termasuk pabrik atau dunia usaha lainnya, karena masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab orang kesehatan saja, tetapi semuanya, baik swasta maupun pemerintah," tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI