Sukabumi Update

Tim Dokter Spesialis Siaga, RSUD Sekarwangi Sukabumi Siapkan Jalur Khusus Pasien Corona

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi, antisipasi menghadapai ancaman penyebaran Virus Corona. Mulai dari sarana dan prasarana, sampai tenaga medis.    

BACA JUGA: Belum Ada Suspect Corona di Kabupaten Sukabumi, Cek Fasilitas Khusus di RSUD Sekarwangi

"Barusan kita sudah rapat untuk menghadapi wabah atau penyebaran virus Corona ini. Bahkan sudah persiapkan dari sisi SDM (Sumber Daya Manusia) tenaga medis pilihan dan dokter spesialis paru dan spesialis anak," ujar Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sekarwangi Cibadak, dr. Cecep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/1/2020).

Selain itu, Cecep menambahkan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan ketika menangani pasien diduga pengidap Virus Corona.

"Alat Pelindung Diri (APD), Ruangan IGD, dan Ruangan Isolasi di Gedung Fatmawati. Nanti menuju ruangan tersebut terdapat akses tertentu. Tetapi mudah-mudahan kasus Virus Corona ini tidak terjadi di Sukabumi," harapnya. 

Ia menegaskan, sampai saat ini baik rujukan maupun yang datang langsung ke rumas sakit, belum ada pasien terduga terjangkit virus mematikan itu. Ia menjelaskan, gejala virus Corona yang dipahami seperti batuk, pilek biasa cuman pernafasan terasa sesak dan sangat berat.

BACA JUGA: Virus Corona Wuhan Terdeteksi di 14 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

"Mungkin pertama yang harus kita waspadai kasus-kasus yang mungkin datang dari seseorang punya riwayat perjalanan dari negeri Tiongkok atau sering mengkonsumsi daging ular atau kelelawar, itu yang kita pahami sementara," terangnya.

Dalam menyikapi hal itu, Sekarwangi melibatkan semua unsur pelayanan, karena virus ini tidak hanya menyerang paru-paru saja pada manusia. "Memang kasus ini tidak hanya dari paru-parunya saja ada dari sisi amnestinya. Dari tim radiologi dan tim laboratorium kita siapkan," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI