Sukabumi Update

Dinkes Kota Sukabumi Sebut Masker Cuma Pencegahan Semu untuk Penyebaran Corona

SUKABUMIUPDATE.com - Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Rita Fitrianingsih mengatakan, masker kurang tepat bila digunakan untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal itu diungkapkan Rita usai menghadiri Konferensi Pers di RS R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Senin (2/3/2020).

BACA JUGA: Video: Ini Penjelasan Wali Kota Sukabumi Terkait Isu Kasus Virus Corona di Sukabumi

"Sementara ini stok masker masih cukup, tapi sebenarnya masker itu lebih tepat digunakan bukan untuk upaya pencegahan, masker itu wajib dipakai oleh orang yang saat ini sedang menderita gejala influenza, karena dikhawatirkan bisa menular. Pemakaian masker itu pencegahan yang semu, karena bagaimanapun juga orang pakai masker itu pasti sering dibetulkan," ucap Rita kepada awak media.

BACA JUGA: Pemkot Sukabumi Keluarkan Edaran Waspada Virus Corona, Wali Kota: Jangan Panik

Rita menuturkan, area tubuh manusia yang paling sensitif tertular Covid-19 adalah area wajah. Rita menyebut, yang masyarakat lakukan hari ini seharusnya adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama mencuci tangan menggunakan sabun.

"Yang harus kita lakukan adalah cuci tangan pakai sabun dan kurangi memegang muka. Selain itu, tingkatkan pula daya tahan tubuh dan istirahat yang cukup," tambah Rita.

BACA JUGA: Ramai Corona, RS R Syamsudin Sebut Pasien Meninggal Akibat Jantung dan Paru

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengimbau agar masyarakat jangan dulu berkunjung ke negara yang terjangkit virus Corona.

"Untuk upaya pencegahannya, cara yang paling efektif bagi warga adalah meningkatkan PHBS, karena PHBS, khususnya mencuci tangan dengan sabun, menjadi cara yang efektif untuk mencegah penyebaran virus corona ini," tukas Fahmi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI