Sukabumi Update

Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral

SUKABUMIUPDATE.com - Kelelahan adalah salah satu ciri kekurangan vitamin, yang menyebabkan melemahnya imunitas sehingga tubuh mudah terserang virus. Kuncinya adalah pola hidup sehat dan menyeimbangkan vitamin dan mineral.

Melansir dari tempo.co, Dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Divisi Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk., mengatakan untuk menangkal virus-virus yang ada dan cuaca yang tidak mendukung saat ini adalah dengan menyeimbangkan vitamin dan mineral dalam makanan yang dikonsumsi.

"Kekurangan vitamin dan mineral itu bisa menyebabkan kelelahan. Kekurangan vitamin itu enggak kasat mata. Defisiensi vitamin ada empat tingkatan, kalo tingkat 4 masuk rumah sakit baru sadar, mau tes di rumah sakit mahal, jadi makan bergizi saja," ujarnya.

Apalagi, di tengah merebaknya virus corona atau COVID-19, yang menyebabkan gegernya masyarakat, termasuk di Indonesia. Satu-satunya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena apabila daya tahan tubuh kuat maka tubuh tidak akan terinfeksi virus.

Ia menambahkan kelelahan adalah gejala-gejala menuju ke defisiensi vitamin dengan ciri-ciri semangat menurun, gangguan konsentrasi, pegal-pegal, kesemutan, dan kram. Penanganan kelelahan ini cukup dengan istirahat dan tidur, makanan yang sehat, olahraga secara teratur, relaksasi, mengurangi faktor stres, dan pemberian suplemen.

"Yang idealnya gaya hidup sehat, kalau saya pribadi dan keluarga selalu minum suplemen untuk daya tahan tubuh yang kuat," ujarnya.

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI