Sukabumi Update

Kuku Panjang Bisa Jadi Sumber Penularan Virus Corona Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Aturan mencuci tangan begitu keras digaungkan demi mencegah penyebaran dan penularan virus corona Covid-19. Dilansir dari suara.com, tapi bagaimana dengan kuku? Karena ternyata, kuku panjang dapat berperan sebagai tuan rumah bagi kuman dan bakteri, termasuk virus corona yang terkait Covid-19.

Dokter kulit yang berbasis di New York, Jessica Krant, mengatakan bahwa cara terbaik dan teraman untuk menjaga kuku di tengah pandemi Covid-19 ini adalah memastikan kuku pendek dan bersih.

"Biasanya ini hanya benar-benar berlaku dalam pekerjaan perawatan kesehatan, tetapi hari ini, dengan Covid-19 di sekitar kita, kita semua idealnya menjaga kuku kita sebebas mungkin dari kuman," katanya.

Dan cara terbaik untuk melakukan itu adalah menjaga kuku tetap pendek. "Juga sangat penting untuk menghaluskan ujung kuku dengan kikir, sehingga tepi dan sudut yang kasar hilang," katanya.

"Kuman bisa hidup di bawah kuku yang panjang," kata Sarah Gibson Tuttle, pendiri dan CEO Olive & June, salon kuku di Los Angeles, seperti dikutip dari laman HuffPost. Jadi, selain mencuci dan mengeringkan tangan secara konsisten dan benar, penting untuk memastikan Anda membersihkan bagian bawah kuku dengan menggunakan sikat kuku.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus memotong kuku sependek mungkin, hingga tak ada celah antara kuku dan kulit di bawah kuku.

"Jangan memotong semua bagian putih kuku," kata Krant. Hal itu malah berisiko membuat luka sehingga infeksi masuk. Yang terbaik adalah menyisakan sekitar 0,5 mm bagian putih kuku.

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI