Sukabumi Update

Wabah Corona, Ini 4 Pose Yoga yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki imunitas tubuh yang baik sangat penting saat wabah corona  alias Covid-19. Sebab, Covid-19 amat rentan menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh rendah.

Dilansir dari tempo.co, selain mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin, melakukan aktivitas fisik seperti yoga pun bisa membantu meningkatkan sistem imun Anda. Berikut adalah empat gerakan dengan manfaat tertinggi yang bisa dikerjakan seperti imbauan instruktur yoga bersertifikat Teresa Mason.

Sukhasana and Pranayama

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, gerakan termudah yang bisa dilakukan adalah sukhasana dan pranayama. Sukhasana adalah postur duduk dengan kaki menyilang, mementara kedua tangan di belakang sembari menahan badan dan kepala menengadah ke atas.

Sedangkan pranayama adalah aktivitas bernapas yang dikerjakan sebanyak 10 kali. Jika keduanya digabungkan, sukhasana can pranayama pun dipercaya dapat membantu mengurangi hormon stres, detak jantung, dan tekanan sistem saraf. Pada hakekatnya, seluruh kegiatan bisa mendukung kekebalan tubuh yang kuat.

Ardha Matsyendrasana

Gerakan yang sedikit kompleks, ardha matsyendrasana juga baik untuk dilakukan guna meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menciptakan gerakan ini, Anda cukup duduk di lantai dengan kedua kaki menyilang sementara yang kanan posturnya ke arah dada. Kemudian, putar balik badan ke belakang sementara tangan kanan menahan kaki kanan.

Gerakan ini sangat efektif karena melintir tubuh dapat membantu perut dalam mengatasi masalah pencernaan. Sedangkan sering kali secara tidak sadar pencernaan dipenuhi dengan racun yang menyebabkan infeksi dan peradangan. Padahal hal tersebut menjadi penghambat bagi kekebalan tubuh untuk berkembang.

Matsyasana

Gerakan selanjutnya yang bisa dicoba adalah matsyasana. Ia dibentuk dengan cara berbaring dilantai sementara punggung tidak menyentuh sama sekali. Artinya hanya kaki, tangan dan kepala yang ada di atas lantai.

Gerakan matsyasana sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena pose yoga ini efektif menaikan energi ketika Anda telah kehabisan tenaga. Pose yang menyerupai ikan ini juga menyasar paru-paru dan jantung, sehingga dapat membantu membuka dan mengurangi kemacetan pada saluran pernafasan dan aliran darah.

Uttanasana

Gerakan mudah lainnya adalah uttanasana. Untuk menciptakannya, Anda cukup berdiri dan badan ditempelkan ke kaki sementara tangan menyentuh kaki agar posisi stabil. Pose yoga yang satu itu membuat aliran darah lancar dan kerap disebut garis pertahanan pertama tubuh terhadap infeksi. Sehingga melakukan posisi ini pun dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh kita.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI