Sukabumi Update

Tangkal Virus Corona, Begini Cara Benar Gunakan Masker Kain

SUKABUMIUPDATE.com - Penggunaan masker kain kini telah diimbau oleh pemerintah dan WHO dalam rangka pencegahan virus corona. Bukan lagi mereka yang sakit, yang sehat pun wajib menggunakannya saat akan bepergian ke luar rumah.

Dilansir dari tempo.co, berbicara tentang pemakaian masker kain, masyarakat pun perlu mengerti cara benar memasangnya. Meski terbilang mudah, masih banyak orang yang melakukan kesalahan sehingga meningkatkan risiko terjangkit COVID-19. Agar tidak salah langkah, berikut adalah beberapa panduannya, dilansir dari Healthline.

Tangan wajib bersih sebelum memakai masker

Sumber penularan virus pertama datang dari tangan sehingga sebelum menggunakan masker kain sangat disarankan untuk mencuci tangan. Adapun ini dikerjakan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Kemudian, dengan tangan yang bersih, barulah pasang masker.

Periksa apakah ada kain yang bolong atau rusak

Dalam menggunakan masker kain, diwajibkan untuk memeriksanya terlebih dulu. Lihat, apakah ada bagian kain yang rusak atau bolong. Jika ya, maka penggunaannya harus diganti dengan yang baru sebab masker tersebut tidak bisa memberikan proteksi sebagaimana masker kain pada umumnya dalam menangkal mikroorganisme.

Masker kain tidak boleh longgar

Masker kain memiliki banyak ukuran dan jenis. Sebaiknya untuk mendapatkan proteksi aman, pilih masker yang pas dan tidak longgar sebab ini bisa menjadi tempat masuknya virus dan bakteri. Pastikan pula masker kain bisa menutupi seluruh area hidung, mulut, hingga ke dagu.

Hanya boleh menyentuh bagian pengait masker saat akan dilepas

Saat akan melepas masker, memegang bagian depan sangat dilarang sebab itu bisa terkontaminasi setelah penggunaannya seharian penuh. Amannya, peganglah bagian pengait atau gagang masker kain saja. Setelah itu, jangan lupa kembali mencuci kain dan tangan agar kuman dan bakteri dipastikan mati.

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI