Sukabumi Update

Tetap Bugar Berpuasa saat Pandemi, Dokter Sarankan Olahraga Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Olahraga menjadi salah satu cara untuk tetap bugar selama berpuasa di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19. Selain bugar, aktivitas ini dapat menjaga imunitas tubuh agar tak mudah tertular penyakit. 

Melansir dari tempo.co, sayangnya pilihan olahraga jadi terbatas saat pandemi. Banyak gym tutup dan olahraga di keramaian juga berisiko. Jadi, olahraga apa yang disarankan?

Dokter spesialis kedokteran olahraga Andhika Raspati menyarankan olahraga yang bisa dilakukan saat puasa di tengah pandemi adalah latihan yang berintensitas rendah hingga sedang dengan durasi pendek.

"Penelitian memang menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi yang panjang dapat menurunkan imunitas," kata Andhika, Sabtu, 25 April 2020.

Disarankan, olahraga dilakukan selama 30-45 menit dengan intensitas sedang.

"Pilihan olahraga cardio, bisa sepeda, jalan cepat, jogging santai, senam zumba, dan sebagainya. Tergantung keterlatihan dan kebiasaan orangnya," kata dia.

Senada dengan Andhika, dokter spesialis gizi klinik Samuel Oetoro menyarankan agar kita senantiasa tetap berolahraga meski sedang puasa di tengah pandemi corona.

"Olahraga cukup paling lama 30 menitan, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan karena kalau olahraga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh," kata dia.

Disarankan berolahraga dilakukan 30 menit jelang berbuka puasa agar tubuh segar.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI