Sukabumi Update

Bersih-Bersih Rumah, Apakah Termasuk Olahraga?

SUKABUMIUPDATE.com - Selama berada di rumah aja, mungkin beberapa dari kita yang memiliki waktu luang lebih banyak jadi lebih sering melakukan kegiatan bersih-bersih seperti mengepel dan menyapu.

Melansir dari suara.com, tapi apakah kegiatan bersih-bersih rumah, seperti mengepel dan menyapu, termasuk olahraga?

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO menyebut bahwa bersih-bersih rumah tidak termasuk dalam kategori berolahraga.

"Kalau saya benarkan pendapat itu, berarti pekerja kasar bisa disebut atlit, kan tidak," jelas dr. Michael dalam live YouTube bersama Indonesia Congress Management, Kamis (7/5/2020).

Mengepel dan menyapu, dan serangkaian kegiatan bebersih lainnya, termasuk dalam aktivitas fisik. Sementara aktivitas fisik yang dilakukan secara baik, benar, terukut, teratur (BBTT) dan terprogram, baru bisa disebut sebagai olahraga.

"Kalau kita cuma nyapu sebentar, ngepel sebentar, itu bukan olahraga," tegasnya.

Olahraga juga memiliki ketentuan, yakni dilakukan selama 30 menit. Tentu saja tidak mungkin ada seseorang yang menyapu atau mengepel selama 30 menit terus-menerus.

Oleh karena itu, jika ingin tetap melakukan olahraga selama di rumah aja, dr. Michael menyarankan membuat sesuatu yang terprogram dan juga fokus pada otot-otot tertentu.

Misalnya bisa melakukan push-up, crunches, lunges, jenis-jenis olahraga intensitas ringan hingga sedang yang fokus otot per otot.

"Sedangkan menyapu, mengepel itu menggerakkan seluruh tubuh kita, sehingga tidak fokus pada suatu poin (bagian) tertentu," pungkasnya.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI