Sukabumi Update

Rentan Terinfeksi Virus, Ini Cara Tingkatkan Imunitas Lansia

SUKABUMIUPDATE.com - Lansia atau orang-orang yang berusia di atas 65 tahun tergolong rentan terjangkit berbagai masalah kesehatan, termasuk Covid-19. Dilansir dari tempo.co, berdasarkan komplikasi dan tingkat kefatalan, situs The Conversation mengatakan bahwa lansia memiliki risiko paling besar, yakni 7,8 persen dibandingkan anak-anak dan orang dewasa yang berkisar 0,0016 hingga 1 persen saja.

Dengan alasan tersebut, penting bagi para lansia untuk senantiasa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19. Dalam merealisasikannya, situs Health Line dan Mayo Clinic pun membagikan tips jitu.

Mengawasi jenis makanan yang dikonsumsi

Di usia yang tak lagi muda Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dengan bebas sebab akan mempengaruhi kondisi fisik. Adapun dalam meningkatkan sistem imun disarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur. Selain itu, kurangi asupan gula, garam, lemak, dan makanan olahan.

Olahraga

Berolahraga juga dianjurkan untuk lansia. Aktivitas fisik yang teratur terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek antiinflamasi pada tubuh. Namun, pilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia. Umumnya, lansia lebih disarankan aktivitas fisik berjenis aerobik, seperti berjalan, bersepeda, yoga, berenang.

Kelola stres

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang justru merasa tertekan dan banyak pikiran. Terlebih dengan mewabahnya virus corona yang telah menjangkiti banyak orang. Sayangnya, stres dapat melemahkan respons sistem imun. Untuk itu, mulailah mengelola stres, misalnya dengan terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan dan santai, seperti membaca atau berkebun.

Berjemur

Terlalu lama di rumah saja juga tidak baik baik kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, lansia disarankan tetap keluar rumah walau sekedar di taman atau halaman rumah untuk berjemur. Lakukanlah pada pagi hari selama 15 menit lantaran ini baik untuk meningkatkan vitamin D alami pada tubuh. Adapun, vitamin D selain menguatkan tulang juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI