Sukabumi Update

Pakai Protokol Covid-19, Warga Sukabumi Tak Perlu Takut Donor Darah Saat Pandemi

SUKABUMIUDPATE.com - Ketua PMI Kabupaten Sukabumi dr Hondo Suwito menyatakan, kebutuhan darah saat Pandemi Covid-19 meningkat. Sedangkan di tengah pandemi ini masyarakat justru takut untuk melakukan donor darah karena Covid ini. 

Padahal kata Hondo, donor darah saat pandemi Covid-19 aman dilakukan asalkan dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Covid-19. Menurut Hondo, protokol kesehatan yang dilakukan itu mulai dari penyemprotan disinfektan ditempat dilaksanakannya donor darah, penggunaan APD, cuci tangan kemudian jaga jarak.

BACA JUGA: Stok PMI Menipis, Ratusan Personel Polres Sukabumi Kota Donor Darah

"Kita pakai protokol kesehatan. Sebelum dilaksanakan (tempat pelaksanaan) disemprot dulu pakai disinfektan sesudahnya pun disemprot disinfektan. Kemudian jaga jarak, kita atur pada saat berdonor (kapasitas) berapa orang. Selama itu dijalankan, petugas pakai APD, cuci tangan (donor darah dapat dilaksanakan)," jelas Hondo kepada sukabumiupdate.com, Kamis (4/6/2020).

Untuk pendonor pun dilakukan pemeriksaan dulu oleh petugas PMI. Bilamana orang yang hendak donor darah itu dari zona merah dan belum 14 hari dari zona merah ini maka tidak bisa melakukan donor.

BACA JUGA: Upaya Pemkab Sukabumi Memenuhi Kebutuhan Darah, PNS Diminta Rutin Donor

"Si pendonor itu tidak boleh datang dari zona merah. Begitu mereka datang dari zona merah kurang dari 14 hari kita tolak," jelasnya.

Di tengah Pandemi ini, PMI Kabupaten Sukabumi terus berupaya agar pasokan darah tetap terpenuhi. Diantaranya dengan mengajak pegawai Pemkab Sukabumi ikut berpartisipasi melaksanakan donor darah. 

BACA JUGA: Butuh Donor! Stok Darah di Kota Sukabumi Terancam

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari dari mulai Selasa (2/6/2020) hingga Jumat (5/6/2020) di aula kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kadupugur, Cijalingan, Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.

"Ini sesuai dengan instruksi dari PMI pusat karena adanya wabah Covid-19 dan kemudian diikuti dengan instruksi pak Bupati, sehingga ASN diharapkan mengadakan donor darah," jelasnya.

BACA JUGA: Sempat Donor Darah, Komisi IV DPRD Cek Kebutuhan PMI Kabupaten Sukabumi

Selama pelaksaana, Hondo mengatakan, sudah terkumpul ratusan labu darah. "Dari hari Selasa sampai sekarang kurang lebih sudah masuk 120 (labu darah). Moga-moga sampai hari ini (terkumpul) 150 labu darah. Besok diharapkan sampai 200. (Target dari kegiatan ini) kita berharap lebih dari 400. Syukur Alhamdulillah diatas 300 sampai 200 pun kita sudah Alhamdulillah," jelasnya.

Ketersediaan darah di PMI harus selalu terpenuhi kata Hondo, sebab per bulan kebutuhan darah di Kabupaten Sukabumi di atas 1.000 hingga 1.500 labu darah. Sedangkan PMI baru bisa memenuhi labu darah dibawah 1.000.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI