Sukabumi Update

Gugus Tugas: 99 Daerah di Tanah Air Masuk Kategori Zona Hijau Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membagi sejumlah kategori zona daerah yang terpapar virus corona. Dilansir suara.com, total ada 4 kategori zona berdasarkam tingkat kasus Covid-19 yang ada -- hijau, kuning, orange dan merah.

Zona hijau artinya suatu wilayah yang tidak terdampak atau tidak ada kasus Covid-19 baru. Sementara, zona kuning merujuk pada wilayah dengan risiko rendah, warna orange untuk risiko sedang dan warna merah untuk risiko tinggi.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, berdasarkam data hingga tanggal 28 Juni 2020, total ada 99 daerah di Tanah Air yang masuk kategori zona hijau. Dari 99 daerah itu, ada 66 Kabupaten/Kota yang sama sekali tidak terpapar Covid-19.

"Jadi pada saat ini per tanggal 28 Juni, kondisi di Indonesia ada total 99 daerah dengan zona hijau dimana 66 adalah Kabupaten Kota yang tidak terdampak. Artinya belum pernah atau belum terlaporkan kasus sama sekali," kata Wiku dalam keterangan yang disiarkan akun Youtube BNPB, Jumat (3/7/2020).

Meski demikian, Wiku tidak merinci seluruh daerah yang masuk dalam kategori zona hijau. Dia hanya mencontohkan salah satu daerah, yakni Kalimantan Barat dengan catatan sebanyak 33 Kabupaten/Kota yang tidak memiliki kasus baru.

"Ini termasuk di Kalimantan Barat. Kebetulan di Kalimantan Barat yang terdampak tidak ada. Tapi ada 33 kabupaten/kota yang tidak ada kasus baru," lanjut dia.

Dalam hal ini, Wiku kembali menekankan jika kategori zona hijau adalah daerah yang belum atau tidak terdampak Covid-19. Selain itu, suatu daerah dapat dikatakan masuk dalam kategori zona hijau apabila tidak ditemukan kasus baru.

Penghitungan waktu soal tidak ditemukan kasus baru adalah dalam 4 minggu terakhir. Selain itu, kasus kesembuhan mencapai angka 100 persen.

"Yang disebut tidak ada kasus baru adalah selama 4 minggu terakhir tidak ada kasus baru dan kasus sembuh yang ada sebesar 100 persen," jelas Wiku.

Dengan temuan 33 daerah yang tidak ditemukan kasus Covid-19 baru, Wiku menyebut hal itu sebagai prestasi. Sebab, 33 daerah itu sebelumnya masuk dalam kategori zona orange --bahkan merah.

"Ada 33 dan menurut kami adalah prestasi. Karena sebelumnya mereka berada dari zona lain. Bisa zona hijau, orange, dan bisa jadi zona merah," Wiku menambahkan.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI