Sukabumi Update

5 Gerakan di Meja Kerja untuk Cegah Otot Tegang Saat Bekerja

SUKABUMIUPDAET.com - Duduk untuk waktu yang lama di meja dapat membahayakan kesehatan Anda. Supaya tubuh tetap bugar Anda sebaiknya tetap aktif bergerak.

Tapi selama bekerja dari rumah atau work from home, tentu menjadi lebih sulit untuk membuat diri Anda berdiri dan berolahraga. Dilansir dari tempo.co, kurangnya aktivitas ini tidak hanya akan memengaruhi kesehatan tetapi juga berdampak pada kinerja Anda.

Duduk sepanjang hari dapat meningkatkan risiko obesitas, sakit punggung, kram kaki, nyeri otot, postur tubuh yang buruk, dan menyebabkan produktivitas kerja yang rendah. Saat berolahraga, Anda menggunakan otot dan tulang untuk menjaga jantung tetap memompa aliran darah. Jika Anda pikir Anda tidak punya cukup waktu untuk berolahraga di tengah tekanan kerja yang konstan, maka Anda dapat mencoba beberapa latihan di meja kerja selama beberapa menit untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh Anda.

Berikut 5 latihan yang bisa Anda lakukan di meja kerja, seperti dilansir dari laman Pinkvilla

1. Mulailah dengan pernapasan diafragma

Pernapasan diafragma akan membantu mengendurkan otot, menurunkan denyut jantung, dan tekanan darah. Ini juga akan membantu menghilangkan stres dengan mengurangi efek berbahaya dari kortisol, hormon stres.

2. Peregangan bahu

Peregangan ini efektif untuk siapa saja yang mengalami nyeri bahu. Dikenal sebagai latihan pembuka dada, ini membuka dada dan memperkuat otot-otot dari pertengahan ke punggung atas. Ini juga menciptakan ruang kosong di sekitar jantung.

3. Peregangan leher

Jam duduk yang lama dapat berkontribusi pada akumulasi ketegangan di otot leher Anda. Untuk menghilangkannya, Anda dapat melakukan beberapa peregangan lengan agar darah mengalir. Ini mungkin sangat sederhana untuk dilakukan, tetapi mereka sangat efektif.

4. Peregangan pergelangan tangan

Apakah Anda sering menggunakan komputer? Jika demikian, peregangan pergelangan tangan ini dapat membantu Anda menghindari sakit pergelangan tangan. Melenturkan dan memutar pergelangan tangan Anda akan meregangkan tendon dan mengembalikan rentang gerak pada sendi.

5. Kaki duduk terangkat

Latihan ini akan membantu Anda melatih paha, glutes, dan perut. Ini akan membantu memperkuat kaki juga. Pastikan postur tubuh Anda benar untuk menuai manfaat.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI