Sukabumi Update

Terasa Bau Mulut Saat Memakai Masker? Begini Cara Mengatasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Selain menimbulkan jerawat dan masalah kulit, masker juga bisa menimbulkan bau mulut tidak sedap. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan terganggu.

Dilansir suara.com, meski demikian, dokter gigi dan dekan Fakultas Kedokteran Gigi Pennsylvania Mark S. Wolff menjelaskan, sebenarnya bukan karena pemakaian masker yang menyebabkan bau mulut. "Tetapi (bau mulut) itu ada di sana sepanjang waktu," katanya dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post.

Menurut Akademi Kedokteran Gigi Umum AS, 80 juta orang memiliki bau mulut. Mulut manusia memang biasanya dipenuhi bakteri.

Sementara itu, Dr. Wolff, berpendapat bahwa bakteri itu bersarang melalui sisa makanan yang tersembunyi di antara gigi, di bawah gusi, dan di belakang lidah. Ada juga bakteri alami yang hidup di dalam mulut.

Berbicara dengan CNA, seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Departemen Restorative Dentistry Koh Chu Guan menjelaskan bahwa udara lembab yang diisi dengan bakteri dihasilkan ketika bernapas.

Terutama melalui mulut dan akan terperangkap dalam masker. Saat mulut dalam kondisi kering, berpotensi meninggalkan bau.

Tak perlu khawatir. Anda bisa mengurangi aroma tak sedap bau mulut selama memakai masker. Ikuti cara di bawah ini, sebagaimana dikutip dari Asia One.

1. Jangan terlalu sering bernafas melalui mulut

Anda mungkin secara tidak sadar menggunakan mulut untuk bernafas saat mengenakan masker. Ini juga terjadi jika hidung Anda tersumbat. Cara itu membuat mulut lebih cepat kering. Akibatnya napas jadi lebih cepat berbau busuk.

2. Bicara lebih sedikit dan minum lebih banyak air

Berbicara juga dapat membuat mulut kering karena air liur lebih sedikit tersisa. Menurut Dr Koh, air liur memiliki efek 'mencuci' dan karenanya mereka yang berbicara lebih banyak cenderung memiliki bau mulut.

Cara lain untuk mengatasi masalah mulut kering adalah dengan minum lebih banyak air dan menjaga mulut Anda tetap terhidrasi.

3. Perhatikan diet Anda

Jenis makanan tertentu yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab bau mulut. Ini termasuk diet rendah karbohidrat atau diet tinggi protein. Keduanya membuat tubuh memecah lemak untuk energi tapi bukan dari karbohidrat. Melainkan melepaskan zat kimia yang berbau.

4. Bersihkan lidah dan seluruh mulut

Kebersihan mulut dasar sangat penting untuk memiliki napas segar. Selain menyikat gigi, Anda harus membersihkan lidah secara teratur. Bersihkan lidah juga dapat mengurangi bau tak sedap karena sebagian besar bakteri bersarang di lidah, terutama bagian belakang. Juga tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur anti bakteri secara teratur.

5. Permen mint untuk menutupi bau

Ini mungkin solusi yang paling mudah. Siapkan sekotak permen yang selalu berguna untuk menyegarkan napas setiap kali Anda merasa bau mulut kembali datang.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI