Sukabumi Update

4 Kesalahan Fatal saat Perawatan Wajah di Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan wajah di rumah dengan menggunakan berbagai bahan alami memang menarik untuk dicoba. Namun, mengapa kebiasaan itu malah menimbulkan masalah kulit baru?

Mencari rekomendasi cara membuat masker wajah dengan bahan alami bukan hal sulit sekarang. Prakteknya pun biasanya sangat mudah karena hanya perlu mencampurkan beberapa bahan untuk diaplikasikan ke wajah.

Namun, mengapa kamu seperti tidak merasakan manfaat apapun setelah melakukannya secara rutin? Padahal, berbagai bahan yang digunakan mengandung banyak nutrisi baik untuk kulit.

Jika sedang tidak beruntung, perawatan wajah di rumah malah memicu masalah kulit baru atau membuat kondisinya menjadi lebih parah. Mengapa bisa demikian?

Melansir Suara.com dari Boldsky, ada beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan orang-orang saat melakukan perawatan alami secara mandiri.

1. Takaran bahan yang sembarangan

Masker wajah alami sering kali terdiri dari beberapa bahan. Namun karena merasa semua yang alami tidak akan membahayakan kulit, kamu kadang mengabaikan aturan rasio penggunaannya.

Kamu mungkin menggunakan bahan tertentu dalam jumlah lebih banyak atau malah sebaliknya. Nyatanya, hal itu bisa memengaruhi kinerja masker wajah alami buatanmu.

2. Tidak mempertimbangkan jenis kulit masing-masing

Kamu bisa menemukan banyak solusi alternatif untuk setiap masalah kulit di internet. Namun, perbedaan jenis kulit tidak bisa diabaikan begitu saja.

Ada bahan-bahan tertentu yang tidak cocok untuk semua jenis kulit. Misalnya, air lemon baik memang baik untuk perawatan kulit tapi sebenarnya juga rawan menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Bagaimana pun, kamu harus memilih bahan yang lebih aman, kan?

3. Bahannya sudah tidak segar

Menggunakan bahan-bahan yang masih segar sangat direkomendasikan untuk perawatan wajah di rumah. Apapun kondisinya, Jangan pernah gunakan bahan yang sudah tidak segar, apalagi kedaluwarsa.

Misalnya, mengapa harus menggunakan buah-buahan yang mulai membusuk? Walaupun bagian yang busuk sudah berusaha disingkirkan, itu tetap bukan pilihan.

Jika ingin merawat kulit agar menjadi lebih sehat, gunakan bahan-bahan terbaik yang ada. Oke?

4. Menggunakan bahan yang terlalu pekat

Kamu harus hati-hati dalam menggunakan minyak esensial, cuka sari apel, atau air lemon. Itu adalah beberapa bahan yang semestinya diencerkan sebelum diaplikasikan pada kulit.

Menggunakan bahan dengan konsentrasi terlalu pekat justru bisa membahayakan kulit. Jadi, pastikan kamu mengencerkannya dengan menambahkan beberapa bahan lain sesuai takaran.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI