Sukabumi Update

Vagina Gatal dan Bau Busuk? Bisa Jadi Akibat Penis Pasangan

SUKABUMIUPDATE.com - Rasa gatal pada organ intim perempuam mungkin bisa jadi disebabkan oleh pasangan laki-laki mereka. Bakteri vaginosis, infeksi yang sangat umum yang mempengaruhi hampir satu dari tiga (29 persen) perempuan, dapat menyebabkan rasa gatal yang hebat, keluar cairan yang tidak normal, buang air kecil yang panas dan bau busuk.

Melansir Suara.com, terlepas dari prevalensinya, sumber infeksi tetap menjadi misteri - sampai penelitian terbaru dirilis oleh ahli epidemiologi di University of Illinois di Chicago.

Mereka menemukan bahwa mikrobioma penis dapat memainkan peran penting karena, seperti usus, organ reproduksi pria menjadi tuan rumah bagi koloni bakteri sendiri.

Survei selama setahun, yang diterbitkan dalam Frontiers in Cellular and Infection Microbiology, mengamati 168 pasangan heteroseksual di Kenya. Awalnya, para ilmuwan menguji setiap peserta untuk mengetahui bakteri genital mereka, sementara juga memastikan bahwa perempuan yang terlibat tidak terinfeksi.

Pada kelompok pria, para peneliti juga mencatat bahwa 56 persen dari mereka telah menyunat penis, faktor yang diketahui dalam susunan mikrobiota anggota pria.

Subjek uji diminta untuk menindaklanjuti pada satu, enam dan 12 bulan untuk memantau aktivitas bakteri mereka dari waktu ke waktu. Pada akhir penelitian, 31 persen perempuan secara keseluruhan telah mengembangkan BV.

Sementara itu, tingkat infeksi tercatat 37,3 persen jika pria tersebut tidak disunat berbanding 26,3 persen jika pria tersebut disunat.

Temuan ini menunjukkan bahwa penis memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kesehatan vagina daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Para ilmuwan mampu mengidentifikasi 10 spesies mikroflora penis yang sesuai dengan kasus BV, seperti Gardnerella dan Sneathia sanguinegens, yang telah terlibat dalam penelitian sebelumnya pada wanita dengan infeksi vagina.

Namun, mereka mencatat bahwa korelasi tersebut tidak secara tepat membuktikan bahwa pria atau kebiasaan higienis mereka salah. Para penulis menunjukkan bahwa penelitian ini tidak sepenuhnya meyakinkan, karena hanya 46 persen pasangan yang terlibat dihitung pada keempat pertemuan selama percobaan 12 bulan.

Fakta bahwa kelompok studi adalah satu-satunya pasangan heteroseksual di Kenya juga membatasi jangkauan ilmiahnya.

"Saya ingin para dokter, peneliti, dan publik menjadi inklusif pasangan seks pria dalam upaya mereka untuk meningkatkan kesehatan reproduksi wanita," kata penulis utama studi tersebut, Supriya D. Mehta, dalam sebuah pernyataan.

"Bukan untuk mengarahkan atau menyalahkan satu pasangan atau lainnya, tetapi untuk meningkatkan pilihan dan kesempatan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, dan semoga mengurangi stigma dari vaginosis bakterial."

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI