Sukabumi Update

5 Sayuran Ini Memiliki Indeks Glikemik Rendah, Baik untuk Pengidap Diabetes

SUKABUMIUPDATE.com - Sayuran mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, makanan ini umumnya memiliki indeks glikemik atau GI rendah yang baik untuk penyandang diabetes. 

Makanan dengan indeks glikemik rendah bagus untuk penyandang diabetes, karena tidak membuat kadar glukosa darah naik dengan cepat, menurut Harvard Health Letter.

Berikut beberapa sayuran yang sangat baik dengan indeks glikemik rendah dikutip dari Tempo.co seperti dilaporkan Medical Daily, Sabtu, 8 Agustus 2020.

1. Tomat

Relatif murah dengan indeks glikemik rendah, tomat sangat cocok untuk penyandang diabetes. Makanan yang bisa dinikmati mentah atau matang ini mengandung antioksidan yang baik untuk jantung.

2. Brokoli

Sayuran ini memiliki sangat sedikit karbohidrat, namun mengandung banyak nutrisi lain yang dapat membantu seseorang lebih sehat. Brokoli juga tidak meningkatkan berat badan karena memiliki sangat sedikit kalori.

3. Bayam

Salah satu sayuran berdaun hijau ini disebut tersehat dan bermanfaat tidak hanya bagi penyandang diabetes, tetapi juga bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Seperti kebanyakan sayuran hijau, bayam juga relatif mudah disiapkan.

4. Wortel

Wortel mengandung nutrisi seperti protein dan banyak serat, sehingga sangat cocok untuk penyandang diabetes. Sayuran ini memiliki skor GI 39.

5. Bit

Mengandung nutrisi seperti vitamin C dan mineral lainnya, bit tergolong umbi-umbian yang juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI