Sukabumi Update

Muncul Empat Tanda Ini, Awas Bisa Jadi Infeksi Menular Seksual

SUKABUMIUPDATE.com - Infeksi Menular Seksual (IMS) umumnya terjadi karena ditularkan melalui hubungan seksual. Namun, terkini penyakit tersebut juga bisa ditularkan melalui penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Rohma Triana  IMS dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia. Terlebih mereka tak bisa menjaga pola hidup sehat serta selalu berhubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan.

“Dari data Procare, pasien wanita di usia produktif terbanyak terkena IMS. Sementara, laki-laki hanya beberapa yang terkena infeksi penyakit tersebut. Tentu hal ini sangat mengejutkan, maka dari itu perlu diwaspadai,” jelasnya, seperti dikutip dari Suara.com.

Dia juga menerangkan banyak gejala yang terjadi pada seseorang yang terkena infeksi menular seksual, seperti di antaranya terdapat luka atau kutil di kelamin (bintil merah yang terlihat seperti jerawat). Gejala lainnya juga seperti terdapat cairan yang tidak biasa, lalu saat buang air kecil merasa kesakitan, dan perut bagian bawah terasa nyeri.

“Empat gejala di atas merupakan gejala yang paling umum dialami oleh penderita infeksi menular seksual. Pastikan untuk periksa ke dokter jika mengalami gejala di atas,” beber dr. Rohma.

Sedangkan, dampak IMS bagi penderitanya akan mengalami gangguan kesehatan. Lalu, alat reproduksi bisa mengalami kerusakan. Hal ini mengakibatkan kemandulan. Menyebabkan kebutaan dan pikun.

Dia juga menyarankan untuk menghindari seks bebas dan narkoba. Kemudian, perkuat sistem kekebalan tubuh dengan gaya hidup sehat serta berolahraga dengan rutin agar terhindar penyakit IMS.

Sumber: Suara.com

 

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI