Sukabumi Update

Simak Yuk! 6 Tips Menjaga Kebersihan Masjid di Tengah Pandemi Corona

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 telah membatasi beragam aktivitas manusia, salah satunya beribadah. Bahkan ketika Idul Fitri dan Idul Adha pun umat Islam diimbau melaksanakan Salat Ied di rumah, tidak di masjid atau lapangan terbuka demi mencegah penyebaran Virus Corona.

Kementerian Kesehatan sendiri telah menerbitkan pedoman dan standar protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Virus Corona di tempat ibadah. Pasalnya, tempat ibadah dikhawatirkan menjadi klaster penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, berikut enam tips menjaga kebersihan masjid dan musala.

1. Teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

2. Menjaga kebersihan karpet dan alas salat lain secara rutin atau konstan. Anda bisa menggunakan penyedot debu atau alat pembersih lain untuk membersihkan karpet masjid atau musala.

3. Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet masjid dengan menggunakan cairan desinfektan.

4. Meminta jemaah agar membawa sajadah atau alat salat sendiri sebagai alas sujud masing-masing ketika datang ke masjid.

5. Meminta jemaah yang sedang batuk, demam, maupun mengalami gejala sakit, seperti flu atau selesma, agar melaksanakan salat di rumah masing-masing hingga sembuh.

6. Ikut mengawasi penyebaran atau penularan Virus Corona dan melakukan usaha tanggap atau melaporkan bila ada warga yang dicurigai terpapar Covid-19, khususnya di sekitar masjid atau musala.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI