Sukabumi Update

Bukan Cuma Bikin Sakit, Insomnia Juga Bisa Turunkan Kualitas Hidup Loh

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit sulit tidur alias insomnia berisiko menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Tak cuma itu, insomnia juga bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Insomnia tidak hanya mengurangi energi dan suasana hati, tapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup. Pada usia dewasa, jam tidur dibutuhkan sebanyak tujuh hingga delapan jam.

Saat seseorang mengalami insomnia, penyebab terjadinya biasanya akibat rasa stres dan peristiwa yang traumatis. Pada orang yang mengalami insomnia jangka panjang atau kronis, bisa berlangsung selama sebulan dan lebih. Masalah ini terkait dengan adanya kondisi medis atau pengobatan lain.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut gejala insomnia.

Kesulitan tidur di malam hari

Bangun di malam hari

Tidak cukup istirahat setelah tidur di jam malam

Kelelahan dan mengantuk di siang hari

Mudah marah, depresi, bahkan cemas

Kekhawatiran yang terus menerus

Jika insomnisa membuat Anda sulit beraktivitas di siang hari, Anda bisa temui dokter yang bisa memeriksa penyebab masalah tidur dan juga pengobatannya.

Tidak hanya itu, insomnia yang berakhir kronis terjadi karena akibat dari rasa stres maupun peristiwa yang membuat seseorang sulit tidur. Untuk mengobati gejala yang satu ini, perlu pengobatan dalam jangka bertahun-tahun.

Selain itu, penyebab umum yang terjadi pada orang yang insomnia, terjadi pada seseorang dengan kondisi gangguan mental seperti depresi dan pascatrauma.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI