Sukabumi Update

4 Tips Anti Dehidrasi Saat Puasa

SUKABUMIUPDATE.com - Dehidrasi saat puasa sangat mungkin terjadi. Selain menyebabkan lemas, puasa juga membuat kita dehidrasi karena aktivitas kerja yang normal seperti hari-hari tidak berpuasa.

Dehidrasi juga mengakibatkan ngantuk berat, ini disebabkan oleh pola tidur yang berubah dan asupan metabolisme tubuh yang juga berubah pada saat menjalani puasa. Agar puasa lancar dan tetap terhidrasi, berikut beberapa tips untuk mencegah dehidrasi di saat puasa.

Baca Juga :

1. Perhatikan Asupan Nutrisi dan Gizi Pada Puasa 

photoBahan-bahan makanan yang mengandung nutrisi - (pixabay.com)</span

Pola makan pada saat sahur dan berbuka sangat memengaruhi kondisi kesehatan kita pada saat berpuasa. Perhatikan asupan makanan agar tidak mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. 

2. Konsumsi Buah dan Sayur

photoBuah-buahan dan sayuran - (pixabay.com)</span

Cairan dalam tubuh tidak hanya didapatkan dari meminum air putih saja. Perlu diketahui, 10 hingga 20 persen cairan pada tubuh didapatkan dari makanan. Pilih makanan yang mengandung cukup air sebagai penambah cairan dalam tubuh. 

3. Kurangi Asupan Protein dan Yang Berbau Asin

photoDaging dan bahan makanan lainnya yang mengandung protein - (pixabay.com)</span

Makanan yang mengandung protein tinggi dan asin akan menghabiskan banyak cairan didalam tubuh. Asin-asinan yang masuk ke dalam tubuh juga mengakibatkan rasa haus yang berlebih pada saat berpuasa. 

4. Konsumsi Air Putih Yang Cukup 

photoAir putih atau air mineral - (pixabay.com)</span

Cairan tubuh setiap orang berbeda-beda, kebutuhan air bergantung pada aktivitas yang dijalani setiap orang. Tetapi, anjuran dokter untuk kebutuhan minimal air setiap orang adalah delapan liter sehari. Tidak terkecuali pada saat bulan puasa.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI