Sukabumi Update

Diabetes Bisa Sembuh, Bagaimana Caranya?

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit diabetes dikenal sebagai mother of disease (Ibunya segala penyakit). Diabetes bisa juga menjadi sumber dari munculnya penyakit lain seperti jantung, ginjal, mata dan organ lainnya.

Diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia, bahkan di Indonesia sendiri tercatat sebagai negara keenam dengan prevalensi diabetes tertinggi. 

photoGlucometer, salah satu alat pengukur kadar gula dalam darah sebagai langkah diagnosa penyakit diabetes - (Pixabay)</span

Bagi penderita diabetes, mendengar kata sembuh dari dokter mungkin suatu keajaiban. Tetapi, diabetes sendiri bisa perlahan dihilangkan dari tubuh penderita dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan mengontrol kadar gula darah yang masuk ke dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi merupakan tanda penyakit diabetes yang paling mudah dikenali. 

Tujuan pengobatan diabetes sendiri adalah untuk mengontrol asupan gula darah terhadap tubuh, sehingga penderita bisa bebas dari gejala serta terhindar dari komplikasi yang berat. 

Baca Juga :

Sampai saat ini, banyak pasien penderita diabetes bisa terselamatkan dengan tetap menjalani pengobatan. Jika pasien melakukan hal-hal yang dianjurkan dokter dan berupaya untuk kesembuhan seperti di bawah ini, maka diabetes bisa disembuhkan. 

1. Mengontrol pola makan 

Menjaga makanan supaya kadar gula darah tidak melonjak adalah hal yang paling utama. Sumber makanan yang mengandung kadar gula tinggi harus dihindari. 

Ganti makanan tinggi karbohidrat dengan yang kandungan seratnya tinggi seperti nasi merah, gandum dan sebagainya. Hindari juga konsumsi lemak.

2. Rajin berolahraga

Menggerakan badan hingga berkeringat dipercaya bisa membuang lemak dalam tubuh, kemudian bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Olahraga yang dianjurkan bagi penderita diabetes diantaranya berenang, jalan kaki dan bersepeda. 

Menurut dokter, durasi olahraga yang dianjurkan pada penderita diabetes selama 30 menit dalam satu hari. 

3. Meminum obat penurun gula darah 

Insulin atau obat penurun gula darah bisa jadi solusi terakhir, jika kegiatan olahraga dan mengontrol pola makan tidak mengubah keadaan. 

Tetapi biasanya jika penderita diabetes sudah melakukan kedua hal diatas, penderita akan merasakan perubahan positif pada dirinya.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI