Sukabumi Update

3 Ciri Gangguan Mental yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Disepelekan!

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan mental akhir-akhir ini menjadi fokus pembicaraan sejumlah ahli. Gangguan Mental adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati atau kombinasi diantaranya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja dan bisa berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).

Mental yang sehat merupakan hal penting bagi setiap manusia dalam kehidupannya, mulai dari masa kanak-kanak hingga lanjut usia. 

Namun sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kondisi mentalnya sehingga terkadang terjadi hal negatif dalam aspek kehidupannya. 

Yang harus diketahui bahwa gangguan mental sama bahayanya dengan penyakit fisik. Gangguan mental bisa membuat pengidapnya sengsara dan bisa menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga :

Tak jarang pengidap gangguan mental akan sulit untuk bisa tetap bersekolah, bekerja atau mempertahankan sebuah hubungan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, satu dari lima anak-anak dan remaja di dunia mengidap gangguan mental. Remaja merupakan usia rawan yang kemungkinan bisa mengalami gangguan mental, dimulai pada usia 14 tahun. 

Ada lima ciri seseorang mulai terserang gejala gangguan mental mental, berikut ulasannya:

1. Sering merasa sedih dan bingung 

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental kerap kali merasa sedih dan bingung - (Unsplash)</span

Gangguan mental dapat dideteksi sejak dini seperti seseorang tersebut sering mengalami perasaan sedih dan bingung hingga mengakibatkan pola berpikir jadi tidak beraturan,

Kondisi yang sudah parah dapat menimbulkan berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi hingga menimbulkan ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan.

2. Perubahan suasana hati yang ekstrim 

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental kerap kali merasakan suasana hati yang berubah-ubah - (Unsplash)</span

Salah satu tanda-tanda seseorang mengalami gangguan mental adalah perubahan suasana hati yang ekstrim dan pasang surut.

Seseorang yang mengalami gangguan mental akan sering merasa cemas dan sulit mengontrol segala respons.

Jika kecemasan berlebih telah mengganggu fungsi kehidupan normal, maka seseorang itu sudah memasuki fase kronis gangguan mental. 

3. Menarik diri dalam bersosial

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental biasanya akan menarik diri dalam bersosial - (Unsplash)</span

Penarikan diri dari lingkungan keluarga atau pertemanan biasanya menjadi tanda-tanda seseorang mengalami gangguan mental. 

Orang yang mengalami gangguan mental sering merasa kelelahan yang parah, energi yang cepat berkurang ketika berkumpul dengan orang banyak. 

Ketiga tanda-tanda di atas bisa menjadi pengingat bagi Anda atau orang di lingkungan Anda untuk lebih waspada terhadap ancaman gangguan mental yang bisa terjadi kepada siapa saja.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI