Sukabumi Update

Tips Mengembalikan Pola Tidur Pasca Puasa

SUKABUMIUPDATE.com - Selama Puasa, tidak jarang banyak yang mengalami pola tidur menjadi tidak teratur. Setelah Puasa, sudah pasti Anda akan kembali menjalani rutinitas seperti biasa, namun tidak sedikit yang kesulitan mengembalikan pola tidur yang masih dalam 'mode' Puasa.

Selama satu bulan Puasa, tubuh kita telah beradaptasi untuk tidur dan bangun di waktu yang telah ditentukan. Waktu sahur misalnya pada pukul 03.00 dini hari hingga masuk waktu subuh, kita diharuskan untuk bangun dan makan, kemudian dilanjutkan untuk tidur kembali atau tidak, tergantung pada seseorang sebagai pekerja atau bukan.

Bahaya Pola Tidur Tidak Normal

photo(Ilustrasi) Bahaya mengantuk saat bekerja atau beraktivitas. Segera kembalikan pola tidur Anda kembali normal seperti sebelum berpuasa. - (pixabay.com)</span

Pola tidur yang tidak baik akan mengurangi stamina tubuh saat beraktivitas di pagi hari hingga sore hari. Ini akan sangat berbahaya bagi Anda yang memerlukan fokus dan konsentrasi saat bekerja atau beraktifitas. 

Cara Mengembalikan Pola Tidur yang Normal

Jika saat Puasa pola tidur Anda berubah, segeralah atur kembali jam tidur normal Anda secepatnya. 

Saat Puasa mungkin Anda tidur pada pukul 22.00 atau bahkan lebih karena menghindari penumpukan lemak dalam perut pasca berbuka puasa. 

Nah, sekarang waktunya kembalikan pola tidur Anda seperti semula. Tidurlah tanpa terlalu mengkhawatirkan tumpukan lemak dalam perut di jam 21.00 atau bahkan lebih cepat.

Mengatur Pola Makan 

Transisi tidur dari Puasa ke normal memang membutuhkan waktu dan perjuangan, namun semua itu bisa disiasati dengan mengatur pola makan yang benar. 

Baca Juga :

Jangan samakan pola makan Anda dengan saat bulan Puasa kemarin dengan sekarang, karena akan sangat mempengaruhi jadwal tidur Anda. 

Jaga dan atur pola makan agar jam tidur Anda kembali normal dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Mulailah Berolahraga 

Pola tidur normal sangat bergantung pada kegiatan Anda sehari-hari. Setelah olahraga dan aktivitas, tubuh Anda akan mengalami kondisi yang membutuhkan waktu untuk menyembuhkan diri. 

Kondisi ini akan memudahkan Anda untuk dapat tertidur dan terbangun dalam kondisi yang segar. Lalu perlahan-lahan, secara alamiah tubuh Anda akan beradaptasi dan membuat pola tidur Anda kembali normal.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI