Sukabumi Update

Bagaimana Menurunkan Kolesterol? Ini Jawaban dr.Zaidul Akbar

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak cara yang ditawarkan untuk menurunkan kolesterol. Keluhan soal kolesterol ini sudah menjadi hal umum yang kerap didengar. dr.Zaidul Akbar akan membahas masalah ini.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit serius. Biasanya, saran atau cara untuk menurunkannya adalah mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, berolahraga dan mengubah pola hidup dan pola makan.

Baca Juga :

Terkait masalah kolesterol ini, dr. Zaidul Akbar memaparkan kisah tentang peradaban dalam Islam dimulai dari 'Mengapa' dan bukan 'Bagaimana'. Mengapa memulai dari mengapa?

Karena jika tahu mengapa maka semuanya bisa cari tahu akar masalahnya sekaligus mencari solusi yang sebenarnya. Jika semua dimulai dari mengapa maka tidak akan bersusah payah dengan 'bagaimana'.

"Kalau pertanyaan diatas dijawab, maka bisa saja saya jawab, nurunin kolesterol dengan berpuasa, berbekam," tulis dr. Zaidul Akbar dalam unggahan akun Instagramnya @dr.zaidulakbar, Selasa (21/9/2021).

photoMenurut dr. Zaidul Akbar makan sayur sayur yang bisa membersihkan dan tinggi serat bagus untuk menurunkan kolesterol. - (Freepik)</span

"Makan sayur sayur yang membersihkan dan tinggi serat, minum jahe kunyit sereh jeruk nipis, perbaiki pola makannya jangan tinggi karbo olahan," tambahnya. Tapi kalau pertanyaannya diubah oleh yang nanya, mengapa kolesterolnya naik? maka jawabannya membuat diri sendiri berpikir.

Ternyata gara-gara banyak lemak trans yang di konsumsi, karbo olahan yg dimakan, jarang buah jarang sayur, kurang air putih."Ketemu kan jawabannya sendiri?" lanjut dr. Zaidul yang juga praktisi pengobatan sunah.

Baca Juga :

Pertanyaan yang lain bisa diubah, mengapa perlu hidup sehat? bukan bagaimana cara hidup sehat?. Setiap melakukan sesuatu mulailah dari 'Why' terlebih dahulu. Supaya tidak dikerjakan jika tidak dianggap perlu.

"Jika udah ada masalah, bisa cari tahu masalahnya dimana dan cari solusi dan merenung sendiri , peradaban mengapa namanya," beber Zaidul.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI