Sukabumi Update

Selain Raja Singa, Kenali Penyakit Kelamin yang Dipicu Akibat Seks

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit kelamin ditimbulkan akibat infeksi pada saat penetrasi seks. Bakteri atau virus menempel pada permukaan kulit yang terluka pada saat melakukan seks.

Penggunaan kondom menjadi penting bukan hanya untuk menghindari kehamilan saja, tapi juga melindungi Anda dari penyakit kelamin berbahaya.

Baca Juga :

Merangkum dari berbagai sumber, inilah sejumlah penyakit kelamin yang perlu diketahui karena paling sering menular akibat seks.

1. Sifilis

Sifilis atau juga dikenal dengan sebutan Raja Singa. Penyakit kelamin ini dipicu oleh bakteri treponema pallidum dengan masa inkubasi selama 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita.

2. Trikomoniasis

Penyakit menular seksual ini didisebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Jika Anda berhubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang memiliki infeksi ini, maka Anda dapat tertular.

photoIlustrasi virus atau bakteri penyebab penyakit kelamin - (Kalhh - Pixabay)</span

3. Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Klamidia adalah salah satu penyakit kelamin paling umum. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala.

4. Gonorrhea

Gonorrhea dikenal juga dengan sebutan kencing nanah. Ini merupakan penyakit yang dipicu oleh bakteri neisseria gonorrhea. Gejalanya adalah keluarnya cairan berwarna putih atau kuning kehijauan seperti nanah pada ujung penis dan vagina.

5. HIV/AIDS

Penyakit yang satu ini sudah pasti banyak diketahui. Disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus tersebut tertular salah satunya melalui kontak langsung lewat kulit atau aliran darah pengidap. 

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI