Sukabumi Update

Kenali Empat Penyebab Perut Buncit, Cek Bahayanya!

SUKABUMIUPDATE.com - Perut buncit umumnya tubuh jadi tampak lebih besar dari ukuran biasa. Masalah lainnya perut buncit juga sering diikuti rasa perut kembung dan sering buang gas yang tak nyaman. 

Mengutip tempo,co, penyebab perut buncit ada banyak hal, salah satunya gaya pola hidup yang tidak baik, kurang olahraga dan lebih banyak pekerjaan duduk.  Mayoclinic.org menjelaskan  secara terperinci, apa saja penyebab terjadinya perut buncit. 

1. Pertumbuhan bakteri berlebih bakteri usus kecil (SIBO) dan intoleransi terhadap karbohidrat dan kelompok makanan lainnya

Kondisi ini memicu adanya produksi gas yang berdampak pada kondisi saluran usus jadi meregang dan menggelembung. 

Ada pula perut buncit disebabkan pengaruh penyakit lain dalam tubuh, seperti gastroparesis, asites, penyakit celiac, insufisiensi pankreas, fundoplikasi dan lain sebagainya. 

2. Kelainan fungsional interaksi usus dan otak

Walaupun tak berpengaruh langsung terhadap ukuran perut secara visual, kelainan fungsional yang termasuk di dalamnya sindrom iritasi usus besar (IBS) jadi satu pemicu seseorang beranggapan bahwa perutnya buncit.

 Mekanismenya, penderita bakal merasa bahwa tubuh memproduksi gas dalam jumlah besar dan berlebih (gangguan sensorik visceral) sehingga akhirnya tubuh benar-benar tidak nyaman sebab persepsi akan sensasi kelainan fungsional tersebut. 

photoIlustrasi perut buncit - (pixabay)</span

3. Refleks viseral somatik abnormal

Refleks viscerosomatic yang abnormal memicu timbulnya kondisi kembung dan buncit. Jika normal, mekanisme refleks ini membantu mengontrol pembersihan gas dan melibatkan kontraksi dan relaksasi otot diafragma dan dinding perut.

Sedangkan jika reflek bekerja secara abnormal dalam melepas gas di usus, membuat diafragma turun atau berkontraksi secara tidak tepat, dan otot-otot dinding perut berelaksasi, sehingga membuat perut tampak menonjol.

4. Sindrom iritasi usus

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan yang menyebabkan kram dan nyeri di perut Anda, di antara gejala lainnya. IBS juga dapat menyebabkan kembung dan gas, yang bisa menyebabkan perut Anda buncit.

Menurut Yayasan Internasional untuk Penyakit Gastrointestinal Fungsional, sekitar 1 dari 10 orang memiliki gejala IBS. Itulah 4 penyebab perut buncit baik pria maupun wanita yang jarang diketahui.

SUMBER : TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI