Sukabumi Update

Redakan Stress dan Nyeri, Kenali 5 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Air hangat sering kali digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri atau pegal, seperti perut atau punggung. Selain untuk mengompres, berendam dengan air hangat atau hidroterapi juga bisa membuat Anda rileks. 

Lebih dari itu, manfaat berendam dengan air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks. 

Baca Juga :

Melansir dari laman Healthline, ada banyak manfaat berendam dengan air hangat untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Berdasarkan penelitian, relaksasi sederhana yang diperoleh dari berendam air hangat dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Sebuah studi yang melibatkan wanita berusia 30 hingga 65 tahun melihat efek hidroterapi pada fungsi fisik dan kualitas tidur untuk penderita fibromyalgia. Para peneliti menyimpulkan bahwa hidroterapi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dan membuat otot menjadi rileks.

2. Meredakan Nyeri

Mandi atau berendam dengan air hangat dapat menjadi cara yang efektif untuk meredakan nyeri pada otot sekaligus mengurangi beban persendian dan tendon yang tegang. Bahkan berendam dengan air hangat sebelum berolahraga juga dapat mengurangi risiko cedera. 

3. Menghilangkan Stress

Salah satu manfaat nyata berendam dengan air hangat yaitu efek menenangkan yang dapat membantu menghilangkan stress fisik, emosional, dan mental. Agar lebih rileks, Anda juga bisa menambahkan musik lembut, pencahayaan yang rendah atau aromaterapi.  

photoIlustrasi : Berendam air hangat - (KarinaMirzoyeva/Pixabay)</span

4. Kesehatan Kardiovaskular yang Lebih Baik

Berdasarkan studi, berendam dengan air hangat memiliki efek pada fungsi pembuluh darah dan tekanan darah. Karena dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular dan kematian, terutama di antara mereka yang memiliki kemampuan terbatas untuk berolahraga.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa berendam dengan air hangat selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan kemungkinan aman bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga :

5. Peningkatan Sensitivitas Insulin

Beberapa peneliti menyatakan bahwa terapi termal secara teratur dengan menggunakan sauna atau berendam air hangat dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang terganggu, dan bermanfaat untuk penderita obesitas dan diabetes.

Itulah lima manfaat berendam dengan air hangat. Berendam lah selama 10 sampai 15 menit, jangan gunakan air dengan suhu yang terlalu panas. Penderita penyakit jantung disarankan untuk berendam dalam air hangat selama 5 sampai 10 menit saja, dan selalu cukupi kebutuhan air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

KONTRIBUTOR : AURA ALYA KAUTSAR

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI